Cara Mudah Piknik di Yogyakarta Dalam Waktu Sehari. Ini dia Itinerary-nya!

cara gampang piknik di yogyakarta dalam sehari

Yogyakarta, semenjak dahulu kala telah dikenal sebagai tempat tujuan yang istimewa. Perihal istimewa ini nggak main-main. Nuansa magis bakalan terasa saat kamu menginjakkan kaki kali pertama di sini. Seperti pada kemudian harinya ingin berulang kembali dan tak ingin melepas akan kenangannya.

Namun bagi yang ingin piknik ke kota ini. Nggak semua orang memiliki waktu luang tak terhingga sehingga bisa menikmati kota ini dengan puasnya. Kadang sih ada orang yang cuma punya waktu sedikit, tapi ingin piknik kembali di kota pelajar ini.

Bila kamu memang salah satu di antaranya, yang cuma punya waktu luang terbatas, tapi ingin menginjakkan kaki kembali di kota paling istimewa untuk lepas penat. Maka kamu cobalah baca artikel sekarang ini…

Beranda akan bikin itinerary atau semacam rencana perjalanan untuk menikmati Yogyakarta dalam waktu sehari saja. Meskipun, ya, dalam sehari akan ada rasa tidak terpuaskan, tapi setidaknya mengobati kerinduan pulang ke Yogyakarta.

Menikmati mentari terbit (sunrise) di Embung Tambakboyo

embung tambakboyo yogyakarta.jpg
Menikmati sunrise di Yogyakarta — wisatajogja.biz

Bila kamu punya rencana telah berada di Yogyakarta pada pagi hari, dan sekalian ingin menikmati matahari terbit. Maka opsi paling realistis dan dekat dengan bilangan kota ialah menuju Embung Tambakboyo berlokasi di pinggiran kota Yogya. Tepatnya adalah Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Di Embung ini adalah kawasan danau buatan yang fungsi utamanya untuk irigasi persawahan setempat. Fungsi lainnya tentu menjadi alternatif kunjungan wisata. Kamu di sini dapat lihat spot bagus buat hunting foto yang objeknya mentari terbit, pantulan air danau, dan di sisi utara terlihat lereng Merapi berdiri gagahnya.

Alokasi waktu: pukul 04.00 WIB — 06.00 WIB

Melihat cantiknya hamparan awan dan lekukan sungai a la Amazon di Puncak Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan

puncak kebun buah mangunan pada pagi hari.jpg
Hamparan kabut awan pagi hari di Puncak Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan — fajar pamungkas

Kemagisan waktu pagi masih terasa kan? Langsung cuss saja kamunya menuju Puncak Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan.

Di mana sih lokasinya?

Kebun Buah Mangunan ini memang agak jauh dari pusat kota Yogya. Karena alamatnya berlokasi di Kabupaten Bantul. Waktu tempuh adalah 1-1,5 jam dari pusat kota Yogya, itu pun jika traffic kendaraan lenggang ya.

Di sini jika kamu datang pagi-pagi, dan bertepatan di musim penghujan. Kamu akan mendapati hamparan kabut owsom khas pagi. Kamu bakal serasa di puncak penggunungan. Kamu akan lihat hijaunya hutan-hutan di kawasan Bantul dan seusai hamparan kabut hilang. Adalah lekukan Sungai Oya yang tampak cantik dipandang dari ketinggian. A la-a la sungai Amazon gitu.

Alokasi waktu: pukul 06.00 WIB — 09.00 WIB

Bergeser sedikit dari Kebun Buah Mangunan, menikmati rimbun dan menjulang tingginya pepohonan hutan di Hutan Pinus Imogiri

hutan pinus yogyakarta.jpg
hutan pinus yogyakarta — amazingweeding.com

Tidak jauh dari lokasi Kebun Buah Mangunan, ada spot foto-foto menarik di hutan pinus berlokasi di Imogiri, Bantul.

Seusai sampai sini kamu bisa piknik hore dengan menggelar tikar, membawa makanan kecil, dan menikmati nuansa yang terasa adem di bawah rimbunnya hutan pinus di situ.

Alokasi waktu: pukul 09.00 WIB — 10.00 WIB

Berpetualang menilik jejak-jejak sejarah di Gunung Purba dan Embung Nglanggeran

gunung purba nglanggeran.jpg
di puncak gunung purba — joglowisata.com

Menjelang siang, cuss-lah menuju pegunungan Gunung Purba Nglangger yang terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mencapai ke sini sih mungkin kurang dari 45 menit. Dan di sini kamu menemukan dua obyek ekowisata alam, pendakian Gunung Purba dan Embung Nglanggeran.

Sampai di sini, rehat-rehatlah sekejap karena banyak warung-warung dari masyarakat yang menjajakan pelbagai pengisi perut. Lalu persiapkan untuk mendaki gunung ya walaupun tidak tinggi-tinggi amat, cukuplah menguras tenaga.

Usai berjuang sedikit mengeluarkan keringat, maka di puncak Purba Nglanggeran kamu akan mendapatkan view owsom nan mengagumkan. Hamparan kehijauan keistimewaan kawasan Yogya bakal kelihatan. Setelah cukup menikmatinya, segeralah turun sedikit dan kamu akan disuguhkan embung buatan, ya, Embung Nglanggeran.

embung nglanggeran.jpg
embung nglanggeran — kenalrina.blogspot.com

Alokasi waktu: pukul 10.00 WIB — 14.00 WIB

Jelang sore, turun kota yuk. Nikmati kota dan berbelanja lucu saat sore hari

jalan jalan sore malioboro.jpg
sore hari malioboro — kemanaaja.com

Menjelang sore dan masih bersemengat untuk menjelajah kan? Turunlah ke kota setelahnya, semenjak dari pagi kita menikmati ekowisata di daratan agak tinggi yang masih hijau alamiah. Turun kota, berbelanja, menikmati keriuh ramaian perkotaan dengan becak, dan kawasan Malioboro ialah opsi utamanya.

Alokasi waktu: pukul 14.00 WIB — 18.00 WIB

Menikmati gemerlap bintang dan kemerlip lampu kota Yogyakarta dari ketinggian di Bukit Bintang

bukit bintang yogya.jpeg

Selagi masih di kota ini, nikmatilah selagi sempat-sempatnya. Bukit Bintang merupakan kawasan tinggi jika kamu ingin melihat nuansa Jogja malam hari di ketinggian. Berlokasi di saat kamu ingin menuju Kota Wonosari, Gunungkidul.

Alokasi waktu: pukul 18.00 WIB — 20.00 WIB

Lepas penat seharian piknik hore di kawasan Jogja Istimewa, nikmatilah sendu malam di Alun-Alun Kidul

alkid jogja.jpg
alun-alun kidul—amazingweeding.com

Di penghujung malam tiba, seharian pasti lelah, selain untuk istirahat mungkin menikmati kota ini di ujung hari ada di kawasan Alun-Alun Kidul.

Kamu bisa bersantai sambil menaiki sepeda berwarna-warni mengelilingi alun-alun, bercengkerama dengan kawan sambil minum-minum hangat-hangat.

tugu jogja.jpg
tugu jogja — adetectives

Begitulah cara singkat jika kamu ingin menikmati Jogja dalam sehari saja. Kamu bisa olah sendiri dari itinery ini sesuai keinginan kamu karena sebenarnya masih banyak obyek lain yang cukup well lagi. Tapi memang sih untuk menikmati Jogja tidak cukup hanya dalam sehari semalam saja karena kamu perlu lebih waktu untuk itu. Dan, sudah siap berbagi kenangan di Jogja Istimewa?

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.