Ilmuwan Cina Ungkap Fakta Bahwa Virus Corona Ternyata Bukan dari Wuhan

Sudah hampir setahun pandemi virus Corona ini berjalan. Masyarakat pun sudah sangat familiar dengan yang namanya protokol kesehatan, rapid test, swab test, dan hal-hal terkait sang virus ini. Walaupun belum terjadi penurunan kasus yang sangat signifikan, tapi hingga hari ini semua pihak masih berusaha agar virus ini bisa segera pergi.

Berbicara soal awal virus Corona, tentu Wuhan akan langsung muncul di benak banyak orang. Hal ini tak lain karena awal pandemi disebut berasal dari kota ini. Tapi, belakangan ada fakta yang mungkin akan mengubah persepsi banyak orang soal Covid-19 dan Wuhan.

Menurut salah satu pakar Epidemologi asal Cina bernama Zeng Guang, virus Corona ini bukan berasal dari Wuhan. Tentu pernyataan ini langsung membuat publik cukup terkejut karena selama ini anggapan tentang Wuhan adalah sebagai tempat awal Corona muncul. “Wuhan adalah tempat virus Corona pertama kali terdeteksi tetapi bukan dari mana asalnya,” ungkap Zeng.

Zeng bukan tanpa dasar mengatakan hal tersebut. Pernyataan itu didasari dari hasil diskusi forum antara ilmuwan Cina dan tim WHO. Ia menambahkan jika Italia lah negara yang jadi tempat pertama Corona ditemukan. Hal ini didasari dari sebuah laporan tentang penemuan Covid-19 sebelum pihak Wuhan melaporkan pada Desember 2019.

Cukup menarik mengetahui fakta ini dan jika benar maka banyak persepsi yang mesti diubah. Apa pun itu, Wuhan sendiri saat ini sudah normal. Sementara daerah-daerah lain masih terus berjuang termasuk Indonesia. Oleh karenanya agar wabah ini bisa segera pergi, maka kita perlu tingkatkan terus protokol. Jika diperlukan lakukan swab test agar bisa melakukan aksi preventif di samping datanya juga akan penting bagi satgas.