Cover ‘Kebyar-Kebyar’, Band Rock Arkarna Berantas Narkoba Di Indonesia

Saat mayoritas musisi Indonesia saling berlomba melebarkan sayap karirnya untuk Go International, sebuah band Rock asal Inggris, Arkarna justru punya ketertarikan menjejali karirinya di Indonesia. Band yang cukup dekat dengan Presiden Jokowi tersebut memang kerap kali datang dan melakukan sejumlah show di Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga turut serta mendukung pemberantasan Narkoba di Tanah Air.

Lewat Cover ‘Kebyar-Kebyar’, Arkana Berantas Narkoba Di Indonesia. ~ tribunnes.com
Lewat Cover ‘Kebyar-Kebyar’, Arkana Berantas Narkoba Di Indonesia. ~ tribunnes.com

Dukungan untuk pemberantasan narkoba ini bermula saat salah satu personelnya, Matt Hart pulang dari mengunjungi pusat rehabilitasi di Jakarta dan melihat sendiri derita para pecandu narkoba. “Aku sudah melihat langsung dampak buruk dari narkoba di Indonesia. Coba bayangkan, sebagian dari mereka (korbannya) adalah anak-anak” ungkap Matt.

Demi memerangi narkoba yang memberi dampak yang sangat buruk bagi generasi muda,  Matt dan Ollie rupanya cara jitu yakni menggunakan rasa nasionalisme.  Formula itu lantas dikerjakannya beberapa bulan terakhir lewat sebuah cover dari lagu nasional yang bertajuk Kebyar-kebyar.

Untuk memperkuat pesan dari lagu karya musisi Gombloh ini , Matt dan Ollie menggandeng langsung para murid di sejumlah sekolah untuk ikut bernyanyi bersama mereka.

Video itu diunggah di YouTube oleh akun Warner Music Indonesia pada Sabtu (15/8/2015). Di awal video terlihat sang vokalis Ollie Jacobs dengan apik memainkan keyboard mengawali lagu Kebyar-kebyar. Nada keyboard itu kemudian dibarengi dengan alunan melodi dari sang gitaris Matt Hart. Bahkan terdengar juga suara suling.

Ollie tetap menyanyikan lirik lagunya dalam bahasa Indonesia, bahkan Ollie terdengar fasih berbahasa Indonesia. Yang lebih menarik, dalam video ini menampilkan paduan suara dari anak-anak sekolah di Indonesia dengan beragam ekspresi saat menyanyikan lagu pembakar semangat itu. Terdengar juga alunan nada yang tercipta dari gamelan Jawa.

Di akhir lagu, Arkarna dan anak-anak sekolah itu meneriakkan slogan ‘Love Indonesia hate Drugs’. Sebuah aransemen lagu yang segar dan menginspirasi. Hingga Minggu (16/8) pagi, lagu itu telah dilihat sebanyak 1.898.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.