Dalang Asal Indonesia Bawa Kesenian Wayang Dan Dongeng “Kancil Mencuri Timun” Mendunia

Nama Ki Ledjar atau Djariman Soebroto tentunya masih terdengar begitu asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, Kakek berumur 78 tahun ini sukses membawa dongeng nusantara Kancil Mencuri Timun hingga ke Belanda.

Ki Ledjar dan karyanya yang mendunia
Ki Ledjar dan karyanya yang mendunia

Disadur daro Brilio.net, Ki Ledjar menjalani perjalanan panjang demi bisa mempopulerkan karya seni khas nusantara hingga dikenal luas di seluruh dunia. Ki Ledjar sudah berkeliling dunia sejak tahun 80-an. Kala itu, ada seorang mahasiswa dari Belanda yang membeli karya seni wayang dari Ki Ledjar.

Bertahun-tahun kemudian, sebuah undangan mampir ke kediamannya nan sederhana di Yogyakarta. Undangan tersebut berisi agar Ki Ledjar hadir ke Belanda untuk mendalangi wayang. Di kesempatan tersebut Ki Ledjar membawakan kisah Kancil Mencuri Timun. Yang akhirnya membawa kisah tersebut populer di negeri Kincir Angin.

Tak berhenti disitu, baru-baru ini pun Ki Ledjar diundang langsung oleh walikota Den Haag untuk membawakan wayang dalam dongeng Kancil Mencuri Timun.

Dibalik kebahagiaan tersebut, Ki Ledjar sempat mengungkap kesedihannya karena minimnya apresiasi dari pemerintah.

“Sayangnya entah kenapa kurang diapresiasi oleh pemerintah Indonesia,” kata Ki Ledjar.

Karya wayang Ki Ledjar saat ini sudah disimpan di berbagai musium dunia seperti museum useum di British, Inggris, University of London, The Übersee Museum di Bremen, Jerman, Arno Mozoni-Fresconi di Hamburg Jerman, Museum Volkenkundig Belanda, Museum Of Anthropology Canada, Tamara Fielding Museum di New York. 

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.