Dianggap Karyanya Adalah Hasil Plagiat, Ini Tanggapan Pongki Barata

Sebuah kabar yang kurang menyenangkan datang dari musisi sekaligus personil band The Dance Company, Pongki Barata. Kabarnya, Soundtrack film yang ia ciptakan adalah plagiat dari soundtrack salah satu film India, yakni ‘PK’.

Pongki dengan tegas menolak jika karyanya disebut hasil plagiat. ~compusiciannews.com
Pongki dengan tegas menolak jika karyanya disebut hasil plagiat. ~compusiciannews.com

Penyanyi kelahiran 1977 ini dengan tegas membantah bahwa  karyanya yang berjudul Romantis merupakann hasil plagiat. Lagu yang dijadikan soundtrack film Turis Romantis itu terdengar mirip dengan soundtrack film India yang dimaksud.

“Kalau dibilang plagiat, kita enggak bilang begitu. Samanya di mana?,” ujar Pongky.

Jika kita mendengar sepintas ada beberapa melodi dalam satu bait yang serupa dengan soundtrack di film PK. Namun, Pongky memiliki alasan untuk menolak tudingan tersebut dan mengungkapkan alasan kemiripan kedua lagu tersebut.

“Saya susah kalau men-defense sebuah karya, saya buat lagu sesuai kebutuhan. Bisa jadi kalau sesuai kebutuhan karakter. Tapi meniru atau tidak, tidak ada di dalam intensi saya. Kalau mirip instrumennya itu Eropa. Instrumensi Eropa itu ada akordion. Instrumensi yang sama membuat streotype yang sama,” ungkapnya secara lengkap.

“Saya sangat menolak kalau karena itu film ini dibilang plagiat,” tegasnya.

Sementara itu, film yang menjadi soundtrack lagu yang diciptakan Pongki adalah ‘Turis Romantis’ yang dibintang aktor India Shaheer Sheikh dan Kirana Larasati. Selain menjadi pemeran utama di film tersebut, Shaheer juga menyanyikan dua lagu yang menjadi soundtrack (OST) film tersebut, “Di Manakah Dirimu?” dan “Romantis” yang merupakan hasil ciptaan Pongki Barata.

 

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.