Dianggap Melecehkan Agama Buddha, Acara Komedi Korea Diamuk Publik Thailand

Hal-hal yang berbau SARA, memang tak sepatutnya dijadikan bahan candaan oleh siapapun. Selain karena menyangkut isu sensitif, hal-hal yang berbau SARA rentan menimbulkan perpecahan antara Ras, Agama, maupun Suku dan Antar golongan yang merasa tersinggung dengan hal tersebut. Juga seperti yang baru-baru ini dialami oleh masyarakat Thailand. Merasa disinggung secara agama oleh sebuah acara komedi Korea, masyarakat dari negara yang terkenal dengan tari seribu tangannya tersebut pun mengamuk.

Dianggap Melecehkan Agama Buddha, Acara Komedi Korea Di Amuk Publik Thailand ~ kpopchart.net
Dianggap Melecehkan Agama Buddha, Acara Komedi Korea Di Amuk Publik Thailand ~ kpopchart.net

Sebuah acara komedi Korea berjudul ‘Comedy Big League’ yang ditayangkan melalui stasiun tvN baru-baru ini diamuk oleh masyarakat Thailand, karena dianggap melecehkan agama Buddha. Seperti yang kita ketahui, Buddha merupakan agama mayoritas masyarakat Thailand, sehingga tak heran banyak masyarakat Thailand yang mengecam acara komedi Korea ini kala menampilkan tokoh suci dalam agama masyarakat Thailand tersebut.

Dalam acara komedi itu, seorang pelawak tampil dalam dandanan Buddha dan diberi karakter kasar. Melihat hal tersebut sangat melecehkan agama mereka, lantas saja masyarakat Buddha mencecar acara tersebut dengan kecaman. Tak hanya itu saja, banyak warga negara asing yang sempat melihat video acara tersebut, juga ikut angkat bicara mengenai hal ini.

Warga negara asing ikut berkomentar tentang acara komedi tersebut ~ kpopchart.net
Warga negara asing ikut berkomentar tentang acara komedi tersebut ~ kpopchart.net

Selain masyarakat Thailand, rupanya netizen Korea juga ikut memberikan pendapatnya akan hal ini. Para netizen Korea merasa acara komedi yang menampilkan sosok Buddha tersebut terlalu berlebihan.

Masalah yang berkaitan dengan pemerintah dan agama adalah topik yang tidak boleh dianggap enteng, terutama karena orang di seluruh dunia memiliki pandangan yang berbeda dari setiap individu. ‘Comedy Big League’ jelas membuat kesalahan saat ini dan aku berharap mereka lebih berhati-hati kedepannya …” ujar seorang netizen. “Sering kali tidak bijaksana dalam memuat agama dalam komedi. Hal ini dapat membuat kalian jatuh” sambung netizen lainnya.

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...