Dikritik Keras Karena Tolak Pernikahan Sesama Jenis, Siwon ‘SuJu’ Minta Maaf

Siwon Super Junior mendapatkan kritikan dari netizen internasional, setelah menyinggung pandangannya terhadap pernikahan sesama jenis. Hal ini bermula saat Siwon meretweet postingan seorang penulis yang mengatakan bahwa pernikahan sesama jenis itu tidak ada.

Dikritik Keras Karena Tolak Pernikahan Sesama Jenis, Siwon ‘SuJu’ Minta Maaf ~ linkis.com
Dikritik Keras Karena Tolak Pernikahan Sesama Jenis, Siwon ‘SuJu’ Minta Maaf ~ linkis.com

Dalam artikel yang Siwon retweet, sang penulis mengklaim dirinya menolak adanya pernikahan sesama jenis, yang telah dilegalkan di Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu. Rupanya hal ini membuat netizen internasional mengungkapkan kemarahan mereka terhadap Siwon, yang ternyata mengaku menolak pernikahan sesama jenis.

Tak ingin lebih menyulut emosi para netizen dengan pandangannya tersebut, akhirnya setelah beberapa jam Siwon langsung menuliskan permintaan maafnya kepada penggemar. Pada hari ini, Sabtu (12/09) Choi Siwon menuliskan cuitannya dengan ucapan permintaan maaf dan menjelaskan alasan ia me-retweet beberapa tweet dari seorang penulis.

Anggota Super Junior ini menuliskan dalam bahasa Korea:

Hai, ini adalah Choi Siwon. 

Aku minta maaf bahwa aku menyakiti begitu banyak orang dengan kata-kata yang aku telah retweet dan aku ingin meminta maaf. Aku me-retweet apa yang aku lakukan karena aku menuju ke pendapat yang berbeda dari mayoritas yang setuju dengan gagasan legalisasi pernikahan gay.

Namun, melalui apa yang banyak orang mengatakan kepadaku melalui Twitter, aku terlambat menyadari bahwa topik ini lebih sensitif daripada yang aku pikir. Aku menyakiti banyak orang dengan apa yang aku retweet adalah hal yang tanpa pikir panjang, dan aku menyakiti penggemar yang paling aku cintai dan staf terdekatku.
Sekali lagi, aku ingin meminta maaf bagi mereka yang tersakiti oleh retweet ku.

Setelah itu, Siwon kembali menuliskan tweet dengan bahasa inggris,

Aku minta maaf atas ketidakpengertianku untuk me-retweet tweet dari Rev.Piper ini. Alasanku menyuarakan me-retweet tweet Rev. Piper adalah karena aku ingin menyuarakan pluralitas pendapat. Namun, sekarang aku menyadari bahwa komentarku menyakitkan untuk orang-orang yang aku sayangi: fansku, dan teman-teman dan keluarga mereka. Aku benar-benar menyesal.

Penilaianku tidak sensitif, tanpa dipikirkan, dan disalahpahami. Aku akan melakukan yang terbaik untuk belajar dari kesalahanku dan merenungkan kepercayaanku. Aku ucapkan terima kasih atas dukungan dan pengertian mereka.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.