Disudutkan Media Bocorkan Soal UN, Pak Anang Dibela Netizen

Ujian Nasional atau UN memang jadi momok yang menakutkan untuk siswa sekolah menengah atas di Indonesia. Dan dari tahun ke tahun, UN selalu diwarnai dengan isu kebocoran soal dan kecurangan. Salah satunya yang tengah hebohb belakangan ini adalah isu tersebarnya soal UN 2015, yang konon dibocorkan oleh seorang pria bernama pak Anang secara online.

Berita menganai bocoran soal UN yang membuat heboh netizen dan menimbulkan reaksi pembelaan
Berita menganai bocoran soal UN yang membuat heboh netizen~smkiptekbekasi.net

Sosok pria dengan nama pak Anang ini kemudian menjadi perbincangan hangat manakala sebuat situs berita online, Liputan 6.com memberitakan tentang dirinya. Situs berita tersebut menyebutkan adanya sosok yang bertanggung jawab atas tersebarnya soal UN 2015 melalui Google Drive. Isi berita tersebut lantas menyebutkan bahwasanya sosok dengan nama “pak Anang” inilah yang ada dibalik kasus tersebarnya soal UN 2015 ini.

Isi berita tersebut mengatakan bahwa pak Anang kemungkinan besar adalah soosk dibalik bocornya soal UN dari Google Drive, yang membuat Mendikbud Anis Baswedan geram. Sepertinya pihak Liputan 6 juga telah mengunjungi blog pribadi pak Anang yang berisi try out dan pelatihan soal-soal UN yang dibahas disana. Tak heran jika mereka kemudian mengklaim bahwa mungkin sosok Pak Anang inilah yang membocorkan soal UN 2015 ini.

berita dari Liputan 6.com tentang sosok Pak Anang yang membocorkan soal UN
berita dari Liputan 6.com tentang sosok Pak Anang ~https://www.facebook.com/anangku?fref=nf

Tentu saja berita yang dibuat oleh Liputan 6 ini mengudnang reaksi dari netizen. Netizen menyebut bahwa pihak redaktur kurang melakukan investigasi terkait sosok pak Anang ini. Netizen yang mengisi kolom komentar mengklaim bahwa justru dari blog pak Ananglah mereka bisa belajar dengan baik melalui latihan soal dan pembahasan yang ada di blog tersebut. Blog pak Anang memang menuliskan “bocora soal UN” pada beberapa linknya. Namun isinya tak lebih dari latihan soal dan pembahasan yang bisa jadi bahan belajar oleh para siswa. Blog pak Anang kini juga dibanjiri komentar bernada sindiran dari para netizen terkait berita “bocoran” soial UN yang diangkat oleh Liputan 6 ini.

Pembelaan netizen terkait berita tentang pak Anang yang dinuat dalam situs berita Liputan 6
Pembelaan netizen kepada pak Anang

Pak Anang sendiri juga ternyata sudah tahu bahwa sosoknya kini telah masuk dalam portal berita online tersebut, sebagai orang yang diklaim ada dibelakang bocornya soal UN 2015 ini. Dengan user name facebook Anang Facebook (Anang Andhika W), pria yang dalam biodatanya tertulis lahir di Trenggalek tersebut juga men-share berita yang telah dibuat oleh Liputan 6 ini. Namun pria yang dalam profil facebooknya berkacamata dan menggendong anak tersebut menanggapinya dengan santai dan terlihat tidak panik sama sekali.

Hal ini mungkin karena pak Anang sendiri tak pernah membocorkan soal UN seperti yang termuat dalam berita tersebut. Pembelaan pun juga datang dari teman-teman pak Anang yang memgomentari link tersebut. Mereka juga menggapi dengan nada bercanda atas berita yang terkesan menyudutkan sahabatnya itu. Namun ada juga beberapa sahabat beliau yang sedikit emosi, dan menganjurkan agar pak Anang untuk melakukan somasi dan tuntutan atas berita yang tendesius tersebut.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.