Dubsmash, Cara Baru Ber-Lipsync Ria

Bagi netizen, lipsync saat ini bukan lagi hal yang baru untuk dilakukan sebagai trend. Namun, sebuah aplikasi bernama dubsmash, membawa trend lipsync tersebut kembali ke permukaan dengan mengandalkan kecanggihan perangkat smartphone yang digunakan hampir semua orang saat ini. Dengan cara yang simpel, aplikasi ini menawarkan beragam suara untuk di buat versi lipsyncnya oleh setiap pengguna smartphone.

Dubsmash, Cara Baru Ber-Lipsync Ria ~ adarain.com
Dubsmash, Cara Baru Ber-Lipsync Ria ~ adarain.com

Beberapa tahun lalu, masyarakat Indonesia mungkin masih mengingat betapa tenarnya video lipsync yang dilakukan oleh dua cewek bernama Sinta dan Jojo. Aksi keduanya didepan kamera laptop/komputer, rupanya berhasil mencuri perhatian netizen dan serta merta menjadikan keduanya artis dadakan lewat video yang diunggah ke youtube tersebut. Nah, saat ini sebuah aplikasi bernama dubsmash mencoba menghadirkan kembali trend tersebut melalui platform android.

Dapat didownload dengan mudah melalui google playstore, aplikasi ini pun ramai digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari artis hingga masyarakat biasa beramai-ramai mengunggah video dirinya saat lipsync dengan menggunakan aplikasi dubsmash. Sebut saja Agnez Mo yang beberapa waktu lalu juga pernah menggunakan aplikasi ini, ia bahkan mengakui sedang kecanduan dengan aplikasi ini.

Cara penggunaan dubsmash pun terbilang sangat mudah, tinggal download aplikasinya di playstore, jalankan, pilih quote yang ingin di lipsync kan, lalu silahkan ber-lipsync ria melalui kamera depan smartphone anda. Sedikit cerita mengenai asal muasal dubsmash, aplikasi ini merupakan aplikasi pengembangan dari tiga orang karyawan asal Jerman yakni Jonas Drüppel, Roland Grenke dan Daniel Taschik. Aplikasi ini sendiri diproduksi oleh perusahaan tempat mereka bekerja, yakni Mobile Motion GmbH.

Sayangnya, walau telah didownload oleh sekitar 50 juta pengguna smartphone, aplikasi ini rupanya tersangkut masalah hak cipta yang dimiliki oleh quote atau suara yang di lipsync. Beberapa suara/quote dalam dubsmash tidak memiliki lisensi sehingga rawan dituntut oleh pemilik asli suara tersebut. Namun, seakan tak peduli, para pengguna aplikasi ini tetap saja menggunakan aplikasi ini untuk bersenang-senang. So, why so serious?

Nah, berikut ini beberapa video dubsmash dari artis maupun publik yang cukup terkenal dikalangan netizen.

https://instagram.com/p/20019EDlKh/?taken-by=bikinilfil

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...