Dude Harlino : Baca Al Quran Dikit-Dikit Tapi Meresap di Hati

Aktor dan suami artis Alyssa Soebandono, Dude Harlino mengatakan bahwa dia membaca Al Quran sedikit tapi yang terpenting maknanya meresap di hati. Karena itu, ayah satu anak ini terus berusaha untuk membaca Al Quran tiap hari meskipun porsinya sdikit-sedikit. Yang terpenting bagi Dude adalah bagaiman kita mampu meresapi makna yang terkandung di dalam kitab suci agama Islam tersebut.

Dude Harlino membaca Al Quran dikit-dikit tapi meresap di hati dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari~bintang.com
Dude Harlino membaca Al Quran dikit-dikit tapi meresap di hati~bintang.com

Karena itu, Dude tak menjadikan khatam baca Al Quran sebagai target di bulan Ramadhan saja. Dude menegaskan bahwa membaca Al Quran itu haruslah setiap hari dan tak terbatas saat bulan suci ini saja. Dude tak pernah menargetkan harus khatam Al Quran bulan Ramdahan saja tapi tak pernah membacanya di lain hari.

Dude sendiri melanjutkan bacaan Al Quranya sebelum Ramadhan hingga kini. Tak khatam Al Quran bulan Ramadhan inipun tak masalah baginya karena Dude akan terus melanjutkanya pada bulan-bulan selanjutnya. Karena bagi Dude yang penting adalah bagaimana Al Quran yang di bacanya mampu meresap di hatinya dan dia usahakan untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Di bulan puasa saya hanya melanjutkan. Dari bulan Sya’ban, Ramadan, dan kalau enggak selesai juga dilanjutkan lagi di bulan Syawal, terus begitu. Buat saya baca Alquran bukan target. Meski sedikit tapi yang penting diresapi masuk ke hati,” ungkap Dude. Suami Alyssa Soebandono ini juga pernah menguraikan keinginanya agar anak mereka nanti jadi hafidz Quran.

Dude pun punya trik khusus untuk membuat putranya mengenal bacaan Al Quran sejak dini. Setelah mengetahui metode yang tepat untuk mengajarkan putra belianya Al Quran, Dude pun langsung mempraktekan cara tersebut pada putranya. “Jadi membacakan Al Quran habis tahajud oleh orangtuanya sambil digendong. Insya Allah malam ini akan saya terapkan itu. Mudah-mudahan Allah mengizinkan,” ungkapnya.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.