Yakin Acara “Karma” Cuma Settingan? Lihat Dulu 4 Fakta Berikut Ini 

Program Televisi ‘Karma’ yang rutin tayang di ANTV memang menyedot perhatian publik sejak awal penayangannya. Acara reality show yang dibawakan oleh Robby Purba dan Roy Kiyoshi ini merajai ‘rating’ dan sering menjadi trending topic pada kanal youtube.

Baca Juga: Dituding Bawakan Program ‘Alay’, Begini Pembelaan Para Artis

Mendulang sukses dengan penyajiannya yang fresh, tak berapa lama ini viral beredar tudingan bahwa acara Karma hanya settingan pihak stasiun televisi. Penasaran fakta-faktanya, simak 4 hal menarik berikut:

1. Format Pembahasan Mengenai Masa Lalu dan Masa Depan

Tak seperti reality show misteri lain yang mengedepankan pencarian entitas lain, Karma lebih berfokus mengenai menguak alasan sebab-akibat yang terjadi pada kehidupan seseorang. Tak sekedar mempertontonkan pengusiran roh halus, acara ini mengajak bintang tamu yang hadir untuk kembali merefleksi perilaku mereka. Para peserta didudukkan berjajar sesuai tanggal kelahiran mereka dan berharap mendapat kesempatan dipilih untuk menyelesaikan problematika hidup mereka.

Banyak yang menganggap hal tersebut membawa manfaat karena dapat dijadikan pembelajaran bagi para pemirsanya. Melalui perjalanan hidup bintang tamu yang dipaparkan oleh sang narasumber pemirsa diajak untuk lebih berhati-hati dan tak bosan menanam kebaikan dalam keseharian mereka. Namun demikian, benarkah kisah-kisah yang selama ini dituturkan oleh narasumber dan bintang tamu di studio? Atau hanya rekayasa tim kreatif acara?

2. Menghadirkan Roy Kiyoshi, Sang Indigo, Sebagai Narasumber Utama

Roy Kiyoshi, didapuk oleh ANTV sebagai narasumber utama acara ini. Dengan reputasinya sebagai salah satu manusia yang memiliki keistimewaan atau biasa disebut indigo, Roy mampu membawakan ritme acara dengan baik. Bakat indigo Roy mengantarkannya menjadi konsultan spiritual, seperti yang dilakukannya dalam acara Karma.

Roy telah berhasil membuktikan beberapa ramalan yang dibuatnya seperti mengenai kecelakaan Malaysia Airlines, meletusnya beberapa gunung berapi, dan beberapa lainnya. Tingkat akurasi ramalan Roy Kiyoshi menjadikan dirinya cukup populer di bidang ini. Dengan keterlibatan Roy Kiyoshi, Karma mendapatkan trust yang tinggi dari para pemirsanya.

3. Ekspresi dan Mimik Wajah Partisipan Yang Alami

Para peserta yang mengikuti program Karma, memiliki ekspresi dan mimik wajah yang cukup alami dan beragam. Gestur tubuh mereka lentur, dan kemampuan bertutur ceritanya runtut dan detail. Terlepas dari kemungkinan penataan skenario dan editing dari tim kreatif acara, para partisipan  memberi kecenderungan yang kuat bahwa mereka tidak sedang berakting.

Tak hanya dari masyarakat umum, beberapa artis-pun pernah ‘dibaca’ melalui Karma. Sebut saja, Dewi Persik, Janeta Janet, Marshanda, maupun Rina Nose telah merasakan dikulik masa lalunya oleh Roy Kiyoshi.

4. Beredar Form Pendaftaran Acara dan Kabar ‘Talent’ Bayaran

Baca Juga: Lelah Dengan Tayangan TV Gak Mutu, 5 Artis ini Tulis Sindiran Pedas

Baru-baru ini beredar kabar mengenai adanya form casting partisipan untuk acara Karma. Casting tersebut tersebar melalui salah satu akun facebook dan diunggah ulang oleh salah satu akun gosip @lamiscorner. Dengan pemilihan talent, tentunya netizen banyak yang beranggapan program Karma tak benar-benar menayangkan kisah-kisah asli. Selain itu di beberapa forum-pun tersebar isu mengenai fee yang dibayarkan pada partisipan acara Karma.

Kalau kaian sendiri, percaya nggak sih dengan acara ini?

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.