Fakta Menarik Seputar Idul Fitri Alias Lebaran Ini Perlu Untuk Anda Ketahui

Idul Fitri adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Setelah hampir satu bulan lamanya menahan lapar dan dahaga serta nafsu duniawi, kini Idul Fitri seolah sebagai penanda kemenangan umat muslim atas ujian yang harus mereka hadapi selama ini.

Inilah beberapa fakta menarik seputar perayaan hari kemenangan idul Fitri atau lebaran~ www.ndtv.com
Inilah beberapa fakta menarik seputar idul Fitri atau lebaran~ www.ndtv.com

Idul Fitri disambut dengan sangat meriah, tak hanya di Indonesia atau negara-negara dengan mayoritas umat muslim saja. Di berbagai belahan dunia, Idul Fitri pun disambut dengan penuh suka cita dan kebahagian. Selain suka cita merayakan hari kemenangan, lebaran pun jadi moment yang tepat untuk saling memaafkan umat muslim yang satu dengan lainya.

Nah selama moment hari raya yang suci ini, BERANDA ingin berbagi sedikit pengetahuan mengenai fakta seputra lebaran atau Idul Fitri. Apa sajakah itu?

  • Idul Fitri punya nama yang berbeda ketika dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Jika di Indonesia di kenal sebagai lebaran, maka di kawasan Asia tenggara khusunya rumpun Melayu menyebutnya sebagai Hari Raya Aidilfitri atau Hari Raya Puasa. Sedangkan orang Eropa dan Amerika menyebutnya sebagai Eid al-Fitr
  • Sama seperti di Indonesia, di berbagai belahan dunia lainya sholat hari raya Idul Fitri juga dilakukan di tanah lapang yang luas, selain di dalam Masjid tentunya.
  • Saat hari raya idul Fitri tiba, umat Islam akan bangun awal lalu mandi besar yang disebut sebagai Ghusl
  • Jika di Indonesia Idul Fitri identik dengan ketupat dan baju baru, maka sebagian muslimah di India dan Amerika akan menghiasi tangan mereka dengan henna yang cantik dan juga unik.
  • Jika di Indonesia terkenal dengan ucapan Minal Aidzin Wal Faidzin, maka di Mesir sesama umat Muslim jika bertemu saat lebaran akan mengucapkan Bayramınız kutlu olsun atau “May your Bayram – Eid – be blessed” yang bermakna “semoga hari rayamu kali ini penuh berkah”.

Selamat Idul Fitri 1437 Hijriah untuk semua pembaca setia BERANDA, Minal Aidzin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan bathin. Happy Eid Mubarak everyone.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.