Fakta Unik Hari Raya Nyepi Yang Bertepatan Dengan Gerhana Matahari Total

Selamat Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1938 bagi pembaca BERANDA yang merayakanya. Perayaan hari raya nyepi atau Day of Silence pada hari ini memang sangat istimewa dan spesial. Pasalanya hari raya umat Hindu ini bertepatan dengan peristiwa alam langka gerhana matahari total yang jadi perhatian banyak orang dari seluruh dunia.

Istimewanya hari raya nyepi kali ini yang bertepatan dengan fenomena alam langka gerhana Matahari total~www.travelquesttours.com
Istimewanya hari raya nyepi yang bertepatan dengan gerhana Matahari total~www.travelquesttours.com

Tentu saja perayaaan Nyepi hari ini semakin spesial, unik dan langka karena peristiwa alam yang sangat bersejarah ini. Namun bukan itu saja fakta unik dibalik peryaan nyepi yang juga berbarengan dengan peristiwa langka gerhana matahari total tahun 2016 ini.

Fakta unik sekaligus indah tersimpan dari peryaan Nyepi yang bertepatan dengan gerhana matahari ini. Toleransi dan saling menghargai antar umat bergama juga sangat terasa pada hari ini. Terutama di Bali dimana sebagian besar penduduknya memeluk agama Hindu, sehingga hari ini adalah hari yang sakral untuk mereka.

Jika hari raya nyepi biasanya identik dengan suasana tenang, umat Hindu memiliki toleransi yang tinggi pada umat muslim yang akan melaksanakan sholat gerhana pada hari ini. Para pencalang dan pemuka adat di Bali ternyata memberikan kesempatan bgi umat muslim di sana untuk melaksanakan sholat gerhana secara khusyu dan tenang.

Umat muslim pun memiliki toleransi yang tinggi dengan tidak menggunakan pengeras suara, untuk menghormati umat hindu yang sedang beribadah di kediaman masingmasing. Inilah yang membuat suasana hari raya Nyepi dan gerhana matahari total menajdi sangat langka dan juga unik. Selain peristiwa alam yang langka dan jarang terjadi, toleransi antar umat beragama yang tinggi pun membuat fenomena ini semakin indah dan juga berwarna.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.