Film ‘Surat Dari Praha’ Dituduh Hasil Plagiat, Sutradara Pilih Tempuh Jalur Hukum

Belum juga resmi tayang secara komersil di bioskop, film Surat Dari Praha rupanya sudah menuai kontroversi. Sebuah kabar yang kurang menyenangkan datang dari film garapan Angga Dwimas Sasongko ini yang menyebutkan bahwa film tersebut adalah hasil dari plagiasi. Rumor Plagiat yersebut diungkapkan oleh seniman dan dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya, Malang, Yusri Fajar.

Film ‘Surat Dari Praha’ Dituduh Plagiat, Sutradara Pilih Tempuh Jalur Hukum ~ bintang.com
Film ‘Surat Dari Praha’ Dituduh Plagiat, Sutradara Pilih Tempuh Jalur Hukum ~ bintang.com

Menanggapi isu tidak sedap tersebut, sebagai sutradara yang tak terima hasil karya disebut hasil jiplak, Angga Dwimas Sasongko merasa kecewa dengan sikap Yasri. Apalagi, tuduhan plagiat dilontarkan sebelum film garapannya itu dirilis secara resmi dan tidak ada bukti hukum yang kuat. Alhasil, tuduhan Yasri Fajar tersebut dianggapa Angga sebagai penghinna yang sangat mencoreng nama dan kredibilitasnya sebagai seorang sutradara.

 

“Dalam kesempatan ini kami ingin memberikan klarifikasi setelah saudara Yusri Fajar menuduh plagiasi saat film belum dirilis. Tuduhan ini secara nyata telah merugikan nama baik kami secara sepihak yang menggiring opini publik untuk untuk menghakimi kami tanpa legal standing yang kuat,” papar Angga.

Merasa sangat dirugikan tudingan tersebut, Angga akan menempuh jalur hukum terkait permasalahan tersebut. “Kami akan laporkan secara hukum atas penghinaan dan pencemaran nama baik melalui media, UU ITE,” kata Aris Marasabessy, kuasa hukum Angga.

Sebagai bentuk langkah awal atas laporannya, Angga melalui kuasa hukumnya telah mengirim somasi kepada Yusri terkait tudingan plagiarisme. Apabila tak ditanggapai dengan baik, Angga terpaksa menempuh jalur hukum

“Ini sudah merusak kredibilitas saya. Kami sudah mencoba mengajak berdiskusi langsung dan somasi tapi enggak ada respon. Kalau memang enggak ada niat baik dari Yusri, kami akan tempuh jalur hukum,” sambung Angga Dwimas Sasongko.

Sementara itu, film Surat dari Praha adalah produksi Visinema Pictures dengan 13 Entertainment dirilis pada 28 Januari 2016. Disutradarai Angga Dwimas Sasongko, film ini dibintangi Tio Pakusadewo, Julie Estelle, Rio Dewanto, Chicco Jerikho, Widyawati Sofyan, Jajang C. Noer dan bintang lainnya.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.