GIGI Rilis Album Baru Bertema Religi Tanpa Dewa Budjana

Bulan Ramadan yang sebentar lagi menjadi momentum tepat bagi para musisi merilis album religi. Begitu pula dengan band Gigi yang tak mau ketinggalan. Tak hanya satu, mereka pun merilis dua album sekaligus, yakni Mohon Ampun dan album kompilasi bersama beberapa penyanyi lain bertajuk Cahaya Bintang Ramadhan.

GIGI Rilis Album Baru Bertema Religi Tanpa Dewa Budjana. ~ tempo.com
GIGI Rilis Album Baru Bertema Religi Tanpa Dewa Budjana. ~ tempo.com

Band yang telah eksis selama 21 tahun tersebut memang cukup produktif merilis album religi tiap tahunnya. Tak ada misi lain, Gigi hanya ingin dikenal sebagai band yang dikenal dengan kemampuannya, bukan hanya di musik rock dan pop tetapi juga di genre religi. Tak seperti perilisan album biasanya, kali ini ada yang kurang. Armand Maulana dkk hanya bertiga tanpa Dewa Budjana. Gitaris andal itu pergi meninggalkan GIGI sementara waktu untuk menggarap album solo miliknya di Amerika Serikat.

“Jadi memang kejadiaannya bersamaan dengan pembuatan album ini, Budjana lagi di Amerika Serikat menggarap proyek solonya. Memang kebetulan bersamaan banget waktunya,” jelas Armand Maulana. Meski tanpa Dewa Budjana, bukan berarti penggarapannya terhambat. Mereka tetap menggarapnya dan hanya memakan waktu yang sebentar yakni tak sampai dua minggu.

“Pembuatan sekitar dua minggu. Kami alhamdulillah, kalau rekaman cuma seminggu, termasuk cepat rekamannya. Tapi niatnya yang lama,” sambung Thomas, salah satu pesonel band GIGI. Selain itu, ia juga mengaku sedih dan sangat menyesalkan ketidakhadiran Dewa. “Pastinya (sedih). Kalau buat kami pribadi, selama 21 tahun kerja bareng lalu sekarang di album ini karena Budjana memang berhalangan. Kami kerja dengan orang yang tidak biasanya itu (additional), juga nggak gampang”

Sementara itu, Album Mohon Ampun berisikan 10 lagu. GIGI kembali mengaransemen beberapa lagu religi lamanya seperti Kusadari (Akhirnya), Perdamaian, Pintu Sorga, Keagungan Tuhan dan Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.