Google Doodle Hari Ini: Rayakan Ulang Tahun Pendiri Mundaneum 147 Tahun

Tepat pada hari ini, Google Doodle sedang merayakan hari ulang tahun ke-147 Paul Otlet sebagai pendiri Mundaneum. Tak banyak yang mengetahui apa sebenarnya Mundeneum tersebut. Dan di hari ulang tahun Paul Otlet, kita akan mengupas sedikit banyak tentang awal Mundaneum yang dianggap sebagai tonggak dalam sejarah pengumpulan data dan manajemen serta sebagai prekursor ke internet.

Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Pendiri Mundaneum Ke-147 Tahun. ~ beranda.co.id
Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Pendiri Mundaneum Ke-147 Tahun. ~ beranda.co.id

Pada tahun 1910, Otlet dan La Fontaine pertama membayangkan sebuah “kota ilmu”, yang Otlet awalnya bernama “Palais Mondial” (“World Palace”), yang akan berfungsi sebagai pusat repositori untuk informasi dunia. Pada tahun 1919, segera setelah akhir Perang Dunia I, mereka yakin pemerintah Belgia untuk memberi mereka ruang dan pendanaan untuk proyek ini, dengan alasan bahwa hal itu akan membantu meningkatkan Belgia penawarannya untuk rumah Liga Bangsa-Bangsa markas. Mereka diberi ruang di sayap kiri Palais du Cinquantenaire, sebuah gedung pemerintah di Brussels. Mereka kemudian menyewa staf untuk membantu menambah mereka Universal bibliografi Repertory.

Palais Mondial sempat ditutup pada tahun 1922, karena kurangnya dukungan dari pemerintah Perdana Menteri Georges Theunis, tapi dibuka kembali setelah melobi dari Otlet dan La Fontaine. Otlet berganti nama menjadi Palais Mondial ke Mundaneum pada tahun 1924. The RBU terus tumbuh menjadi 13 juta kartu indeks pada tahun 1927; tahun akhir 1934, telah mencapai lebih dari 15 juta. [5] Kartu indeks disimpan di lemari yang dirancang khusus, dan diindeks menurut Universal Decimal Classification. Koleksi ini juga tumbuh dengan menyertakan file (termasuk surat-surat, laporan, artikel surat kabar, dll) dan gambar, yang terkandung dalam kamar terpisah; kartu indeks dimaksudkan untuk katalog semua ini juga. The Mundaneum akhirnya terdapat 100.000 file dan jutaan gambar.

Mundaneum awalnya bertempat di Palais du Cinquantenaire di Brussels (Belgia). Otlet menugaskan arsitek Le Corbusier merancang Mundaneum proyek yang akan dibangun di Geneva, Switzerland pada tahun 1929. Meskipun tidak pernah dibangun, proyek dipicu The Mundaneum Affair, alasan teoritis antara kritikus Corbusier dan Ceko dan arsitek Karel Teige.

Sementara itu, saat Nazi Jerman invasi besar-besaran di Belgia pada tahun 1940, Mundaneum digantikan dengan pameran seni Reich Ketiga, dan beberapa materi itu hilang. Mundaneum dilarutkan dalam bangunan yang besar tetapi jompo di Leopold Park. Itu tetap ada sampai dipaksa pindah lagi pada tahun 1972. Mundaneum sejak telah pindah ke sebuah bangunan tahun 1930-an department store di Mons (Walonia), dimana ada museum dibuka pada tahun 1998.

Sementara itu, Pendirian lembaga ini bertujuan untuk mengumpulkan semua pengetahuan di dunia dan mengklasifikasikan menurut sistem merekayang dikembangkan dan disebut klasifikasi desimal Universal. Otlet dan La Fontaine diselenggarakan International Conference of Internasional Asosiasi yang menjadi asal mula dari Union of International Asosiasi (UIA).

Ringkasan tentang pendiri Mundaneum

Paul Otlet dan mundaneum yang ia rintis. ~ beranda.co.id
Paul Otlet dan mundaneum yang ia rintis. ~ beranda.co.id

Paul Otlet lahir di Brussels, Belgia pada tanggal 23 Agustus 1868, anak tertua dari Édouard otlet (Brussels 13 Juni 1842- Blanquefort, Prancis, 20 Oktober 1907) dan Maria (née Van Mons). Ayahnya, Édouard, adalah seorang pengusaha kaya yang membuat kekayaannya menjual trem di seluruh dunia Otlet pendidikan di Universitas Katolik Leuven dan di Université Libre de Bruxelles, di mana ia memperoleh gelar sarjana hukum pada tanggal 15 Juli 1890. Ia menikahi kemudin Fernande Gloner, ada tanggal 9 Desember 1890. Lalu ia magang dengan Pengacara terkenal Edmond Picard. Otlet segera menjadi tidak puas dengan karir hukumnya, dan mulai mengambil minat dalam bibliografi. Menerbitkan karya pertamanya pada subjek adalah esai “Sesuatu tentang bibliografi”, yang ditulis pada tahun 1892.

Pada tahun 1891, Otlet bertemu Henri La Fontaine, pengacara sesama dengan kepentingan bersama dalam daftar pustaka dan hubungan internasional, dan dua menjadi teman baik. Mereka ditugaskan pada tahun 1892 oleh Belgia Societe des Sciences Sociales et politiques (Masyarakat ilmu sosial dan politik) untuk membuat bibliografi untuk berbagai ilmu-ilmu sosial; mereka menghabiskan tiga tahun melakukan hal ini.

Pada tahun 1895, mereka menemukan Dewey Decimal Classification, sistem klasifikasi perpustakaan yang telah ditemukan pada tahun 1876. Mereka memutuskan untuk mencoba untuk memperluas sistem ini untuk menutupi klasifikasi fakta-fakta yang Otlet sebelumnya dibayangkan. Mereka menulis untuk pencipta sistem, Melvil Dewey, meminta izin untuk memodifikasi sistem nya dengan cara ini; dia setuju, asalkan sistem mereka tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Mereka mulai bekerja pada ekspansi ini segera setelah itu.

Selama ini, Otlet dan istrinya kemudian memiliki dua orang putra, Marcel dan Jean, secara berurutan. Otlet mendirikan Institut Internasional de Bibliographie (IIB) pada tahun 1895, kemudian berganti nama sebagai (dalam bahasa Inggris) yang Federasi Internasional untuk Informasi dan Dokumentasi.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.