Google Doodle Hari Ini: Rayakan Ulang Tahun Si Ahli Matematika, George Boole

Ada yang menarik jika kita membuka Google hari ini, dengan nuansa warna-warni, beberapa variable yang sering kita temui dalam mata pelajaran Matematika, khususnya kalkulus, mesin pencarian raksasa tersebut menampilkan dalam doodle art miliknya. Ya, Google melalui Doodle merayakan hari ulang tahun salah tokoh paling berpengaruh di dunia, George Boole. Lantas, sudahkah kita mengenal sosok George Boole itu?

Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Si Ahli Matematika, George Boole
Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Si Ahli Matematika, George Boole

Mengenal George Boole, beliay adalah Ahli Matematika yang tepat pada hari Senin, 2 November 2015 sedang merayakan ulang tahunnya yang Ke-200. Mungkin kebanyakan dari kita semua kurang akrab dengan seorang ahli matematika ini.

George Boole adalah seorang matematikawan Inggris, ahli logika sekaligus seorang filsuf yang karyanya menjadi dasar bagi ilmu komputer modern sekarang ini. Ia juga dikenal sebagai “ayah era informasi.” Karyanya yang paling terkenal tentu saja aljabar Boolean dan di Inggris juga dikenal sebagai penulis dan pemikir hukum. Beberapa karya yang dibuat menggunakan karya George Boole adalah komputer, informasi penyimpanan, sirkuit dan kontrol elektronik.

Google Rayakan Ultah George Boole
Google Rayakan Ultah George Boole

Beliau sudah menulis beberapa buku teori matematika yang bahkan masih kitapakai hingga kini. Salah satunya adalah pada 1854, ia menulis buku tentang An Investigation of the Laws of Thought. Ide Boole yang lain adalah membuat istilah sederhana dalam matematika seperti postulat, yang dilambangkannya dengan huruf sederhana K, +, X. Ini untuk memudahkan seseorang belajar teori matematika.

Teori Boolean temuan George Boole. ~ beets1278.blogspot.com
Teori Boolean temuan George Boole. ~ beets1278.blogspot.com

George Boole lahir pada 2 November 1815 di Lincolnshire, Inggris atau 200 tahun lalu. Meninggal di usia masih muda yakni 49 tahun, pada 8 Desember 1864 di kota Ballintemple, Cork, Republik Irlandia. Ia mendapatkan julukan “ayah era informasi” karena kontribusinya terhadap ilmu komputer modern melalui penemuan aljabar Boolean yang ditemukan pada tahun 1954.

Meski meninggal di usia yang terbilang muda, namun hasil karyanya di bidang matematika masih digunakan hingga kini, dengan perbaikan dan modifikasi tertentu. Bahkan juga dimanfaatkan oleh ilmu bidang lain, tak hanya oleh bidang matematika saja. Well, selamat ulang tahun, George Boole!

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.