Google Doodle Hari Ini: Rayakan Ulang Tahun Si Artis Cantik Penemu Wifi, Hedy Lamarr

Tampak ada yang menarik dari tampilan Google hari ini. Dalam Doodle Art-nya, mesin pencarian raksasa tersebut menampilkan tulisan Google yang disulap hingga tampak meriah dengan nuansa kuning keemasan. Menariknya, dalam Doodle tersebut turut dihiasi dengan gambar wanita cantik. Lantas, siapakah sosok wanita yang tergambar anggun dalam Google Doodle hari ini?

Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Si Artis Cantik Penemu Wifi, Hedy Lamarr
Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Si Artis Cantik Penemu Wifi, Hedy Lamarr

Dia adalah Hedy Lamarr, seorang wanita cantik berbakat dan sangat pintar. Tepat hari ini tanggal 9 November 2015, Google merayakan ulang tahun Hedy Lamarr yang ke-101 tahun.

Lahir dengan nama Hedwig Eva Maria Kiesler pada 9 November 1914 di Wina, Austria, Hedy Lemarr mendapat peran pertamanya ketika berusia 17 tahun, dalam film Jerman bernama Geld Auf Der Strase. Film Jerman berikutnya berjudul Exstase tahun 1932, membawanya ke perhatian produser Hollywood, dan ia segera menandatangani kontrak dengan MGM.

Hedy Lamarr
Hedy Lamarr

Menjadi salah satu bintang film Hollywood, ia resmi mengganti namanya menjadi Hedy Lamarr. Film pertama mengawali debut pertamanya di Hollywood berjudul Algiers (1938). Lamar menjadi sangat populer karena bakatnya termasuk dalam film Spencer Tracy, Clark Gable dan Jimmy Stewart.

Tak hanya kecantikannya yang melegenda sebagai artis, Hedy Lamarr juga menjadi salah satu aktris paling populer saat itu juga banyak berjasa dibidang sains dan teknologi dan bahkan penemuannya tersebut menjadi salah satu penemuan paling penting yang masih kita gunakan hingga sekarang.

Putri dari Gertrud Kiesler dan Emil Kiesler, pianis terkenal tersebut memulai masuk ke wilayah sains dan teknologi setelah mencapai karir dalam dunia gemerlap hiburan perfilman. Ia melakukan riset yang sangat memperngaruhi dunia teknologi hari ini seperti Wifi, Bluetooth dan CDMA.

Sempat terbesit dalam benak Hedy Lamarr untuk ingin bergabung dengan National Inventors Council, namun anggota NIC Charles F. Kettering dan rekan-rekannya meminta agar ia membantu upaya perang saja dengan memanfaatkan status selebritinya untuk menjual Obligasi Perang.

Di Akhir usia, Hedy Lamar mengalami masalah pada jantung di tahun  2000 Dan menghembuskan nafas terakhirnya pada 19 Januari 2000 di Usia 85 Tahun. Begitu berjasanya Hedy Lamarr dalam dendongkrak keunggulan Sains di wilayahnya hingga sampai saat ini Jasa tersebut masih akan terus menjadi kenangan.

Demi mengenang sang penemu Wifi, Google membuat sebuah video animasi yang berdurasi sekitar 1 menit 16 detik. Dalam animasi tersebut, diceritakan kehidupan Lamarr mulai sejak ia masuk ke dunia hiburan Hollywood hingga melakukan penelitian sains dan matematika.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.