Google Doodle Hari Ini: Rayakan Ultah Duke Kahanamoku, Si Penemu Selancar

Penggemar olahraga laut tentu tak asing lagi dengan olahraga selancar atau akrab disebut surfing. Semua orang tahu bahwa olahraga ini membutuhkan skill khusus agar bisa bergelut dengan ombak laut secara baik. Lantas, siapakah pencetus pertama yang menggunakan selancar? Tak banyak yang tahu bahwa dia adalah Duke Kahanamoku yang lahir tepat pada tanggal 24 Agustus 1890.

Google Doodle Peringati Ultah Duke Kahanmoku. ~ beranda.co.id
Google Doodle Peringati Ultah Duke Kahanmoku. ~ beranda.co.id

Untuk merayakan hari lahir si penemu surfing¸situs mesin pencari raksasa Google kembali membuat doodle dengan tema Duke Kahanamoku. Google membuat doodle khusus untuk memperingati 125 tahun kelaihiran penemu olahraga di atas ombak itu. Sosok Kahanamoku ini menjadi sosok yang tampil di halaman utama Google Indnesia dan global. Prestasi utamanya saat meraih medali emas Olimpiade cabang Renang. Sebagai anak pantai, sebagaian besar hidupnya di habiskan di pinggir laut.

Duke Kahanamoku. ~ surfertoday.com
Duke Kahanamoku. ~ surfertoday.com

Apalagi semasa kanak-kanak hingga menemukan olahraga papan selancar atau surfing. Ia dibesarkan di pantai Hawai. Di sanalah ia belajar berenang hingga membuat prestasi. Selain juara lomba yang diadakan secara rsmi, Duke Kahanamoku juga ahli dalam hal papan surfing. Ia pernah membuat papan surfing terpanjang. Bahkan menjadi sorotan media setelah sukses berdiri 3 jam di atas papan surfing air tawar.

Tak hanya itu, salah satu yang mempopulerkan olahraga selancar tersebut adalah aksi heroiknya pada tanggal 14 Juni, 1925, saat Kahanamoku menyelamatkan 8 orang dari 29 nelayan yang kapalnya terbalik di perairan Newport Beach California. Dengan menggunakan papan surfing, Kahanamoku melakukan perjalanan cepat bolak-balik ke bibir pantai untuk membawa nelayan dihantam arus ombak.

Selain Kahanamoku, dua peselancar lain yang menenami Kahanamoku hanya bisa menyelamatkan 4 orang nelayan sehingga hanya 17 orang yang tewas dibawa ombak. Kepala polisi Newport menyebutkan upaya penyelamatan Kahanamoku dengan menggunakan selancar sebagai sebuah tindakan super penyelamatan dengan papan surfing yang pernah ada di dunia.

Dengan sejumlah catatan gemilang Kahanamoku, tak heran pada ulang tahunnya yang ke-125, Google memberikan penghargaan dan penghormatan dengan memasang doodle yang bergambar wajahnya lengkap bersama latar belakang pantai Hawaii yang eksotis. Bahkan Google Doodle juga memberikan logo papan surfing/selancar sebagai background foto. Selamat Ultah ke-125 Duke Kahanamoku.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.