Google Doodle Merayakan Kelahiran Bartolomeo Cristofori Sang Penemu Piano

Bernama lengkap Bartolomeo Cristofori di Francesco, dialah penemu instrumen musik paling penting dalam jagat musik, adalah piano. Terlahir sebagai seorang Italia pada 4 Mei 1655, Bartolomeo Cristofori sepanjang masa hidupnya mendedikasikan dirinya terhadap penemuan instrumen musik tersebut.

sang penemu piano
sang penemu piano~piano-keyboard-guide.com

1440. Di tahun tersebut telah terdapat instrumen musik yang hampir mirip dengan piano. Alat musik pertama yang menggunakan papan tuts namun bekerja dengan dipukul. Kemudian muncul beberapa nama yang hendak menyempurnakan alat musik tersebut. Ialah Marius dari Paris (1716), Schroter dari Saxony (1717), dan Christofori (1720) dari Padua, Italia, untuk membuat piano. Hanya Bartolomeo Christofori lah yang berhasil membuat piano secara utuh bekerja secara baik dan menandakan awal piano modern.

“gravecembalo col piano e forte” merupakan sebutan awal piano buatan Bartolomeo Christofori. Istilah tersebut memiliki kandungan arti harpsichord dengan papan tuts lembut yang bersuara keras. Semula alat musik ini disebut sebagai pianoforte, namun pada akhirnya lebih dikenal dengan nama piano.

penemu piano versi doodle
penemu piano versi doodle

27 Januari 1731 atau pada usia 76 tahun seorang Bartolomeo Christofori menghembuskan nafas terakhirnya. Namanya ‘kan selalu terkenang sebagai pendobrak instrumen musik. Karya-karyanya terpajang di berbagai tempat. Di antaranya ada di Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat (buatan tahun 1720), satu di Museo Strumenti Musicali, Roma, Italia (buatan tahun 1722), dan satunya lagi di Musikinstrumen-Meseum of Leipzig University, Jerman (buatan tahun 1726).

Hingga akhirnya, karya hebat Bartolomeo Christofori harus patut diapresiasi. Berkatnya, kini musik kian berkembang di masa modern kini.

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.