Hal yang Harus Dihindari Ketika Membuat Website

Tak hanya mengetahui cara membuat website, kita juga perlu tahu hal-hal yang sebaiknya dihindari ketika membuat platform satu ini. Pasalnya, website yang kurang baik tentu akan berdampak pada berbagai hal. Entah itu pembaca atau bahkan penjualan.

Saat ini banyak cara untuk membuat website baik gratis maupun berbayar, entah membuat sendiri atau menggunakan jasa. Tapi pada akhirnya kitalah yang harus mengatur dan merawatnya sebagai pemilik. Oleh karenanya, sebaiknya hindari melakukan beberapa hal berikut.

Desain yang amat rumit

Mungkin kita berpikir jika semakin rumit desain sebuah website maka akan makin bagus. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Ternyata user atau pengunjung lebih menyukai website yang rapi dan bersih. Hal tersebut memang benar karena dengan desain lebih bersih, pembaca bisa lebih fokus kepada konten yang disajikan dan tidak terdistraksi oleh apa yang muncul di sana.

Meniru persis website seseorang

Meniru adalah hal yang lazim dalam berkreasi. Tujuannya adalah agar terinspirasi, lebih-lebih bisa menyaingi. Tapi jika menirunya sama persis itulah yang menjadi masalah. Kita bisa melanggar hak cipta jika desain yang jadi inspirasi sudah terdaftar. Di sisi lain user akan memandang website kita rendah karena dianggap plagiator.

Jangan terlalu masif berkonten

Memang benar jika dalam sebuah website, maka konten adalah rajanya. Tapi bukan berarti baik jika kita terlalu masif dalam memproduksi atau menayangkannya. Alih-alih jumlah, fokuskan kepada kualitas sehingga meskipun artikel atau konten kita tidak banyak namun jumlah pembaca atau interaksi yang ada di halaman tersebut banyak. Hal ini juga dilihat oleh Google sebagai sebuah reputasi. Jangka panjangnya kita bisa saja direkomendasikan di halaman pertama untuk konten yang kita miliki..