#HappyIUDay, Selamat Ulang Tahun IU!

Kembali, hari ini seorang idola Kpop merayakan moment pertambahan umurnya. 16 Mei 2015 yang jatuh pada hari Sabtu ini nampaknya menjadi moment berharga bagi penyanyi solo Korea, Lee Ji Eun, atau yang lebih dikenal dengan sebutan IU. Seperti sebelumnya, kali ini tim Beranda.co.id akan menceritakan kisah perjalan karir IU sejak kecil hingga dewasa seperti saat ini.

#HappyIUDay, Selamat Ulang Tahun IU!~fanpop.com
#HappyIUDay, Selamat Ulang Tahun IU!~fanpop.com

Lahir di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 16 Mei, 22 tahun silam, IU merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Ia memiliki seorang adik laki-laki yang saat ini tengah menjadi mahasiswa salah satu universitas di Korea. Masa kecil IU bisa dibilang berkecukupan hingga pada suatu ketika,  usaha ayah IU mengalami kesulitan sehingga membuat IU, adik, nenek dan juga pamannya harus tinggal terpisah dari kedua orang tua IU. Dikarenakan tempat yang mereka tinggali kurang nyaman, IU pun memilih untuk tinggal ditempat keluarganya yang lain. Sayangnya, keputusan IU itu membuat sepupunya keberatan dengan pindahnya IU ke rumahnya. IU sendiri saat itu merasakan sulitnya tinggal berada jauh dari orang tua dengan kondisi ekonomi yang kurang. Walau begitu, kondisi tersebut tak mematahkan semangat IU untuk menjadi seorang penyanyi.

Mengawali cerita karirnya, IU rupanya pernah ditolak berkali-kali saat audisi di beberapa agensi besar Korea, antara lain JYP dan juga SM. Selain banyak ditolak, IU juga rupanya pernah ditipu oleh beberapa agensi lainnya. Akhirnya, setelah melalui beberapa kegagalan, IU pun diterima oleh agensi LOEN yang sampai saat ini menaungi IU. Setelah beberapa tahun menjadi trainee agensi tersebut, pada tahun 2008, IU resmi debut dengan lagu pertama ‘Lost Child’. Nama IU sendiri diambil dari bahasa Inggris ‘You and I’ sehingga terciptalah nama panggung IU.

Setelah merilis single pada 2008, IU kembali kembali ke dunia musik Korea pada tahun 2009 dengan meluncurkan album pertamanya yang berjudul ‘Growing Up’. Album ini terbilang cukup sukses, dengan menempati urutan pertama beberapa chart musik Korea. Nama IU pun ikut meroket dan mulai diminta untuk mengisi beberapa soundtrack drama, salah satunya drama ‘Queen Seon Duk’. Pada tahun 2010, IU kembali ditarik menjadi pengisi soundtrack untuk reality show Korea ‘We Got Married’ yang dinyanyikan duet bersama Seulong dari boy group 2AM.

Akhir 2010, IU merilis album berjudul ‘Real’ dengan lagu berjudul ‘Good Day’ sebagai lagu utama dalam album ini. Lagu Good Day sendiri diterima baik oleh masyarakat Korea, terbukti dari berhasilnya lagu tersebut memuncaki chart musik Korea tak lama setelah dirilis. Tahun 2011 bisa dibilang merupakan puncak karir IU didunia hiburan Korea. Hal ini bermula saat IU membintangi sebuah drama disalah satu stasiun tv Korea berjudul ‘Dream High’, yang ia lakoni bersama aktor Kim Soo Hyun, Suzy Miss A, serta Taecyeon dan Wooyoung 2PM. Perannya sebagai seorang siswa dengan tubuh gendut dan tampang yang kurang menarik begitu membuat penasaran publik tentang jalan cerita drama ini. Nama IU makin bersinar setelah dirinya membawakan soundtrack dari drama tersebut yang berjudul ‘Someday’.

IU dalam video clip You and I~fanpop.com
IU dalam video clip You and I~fanpop.com

Usai membintangi drama Dream High, akhir tahun 2011 IU pun mengeluarkan album berjudul ‘Last Fantasy’ dengan lagu berjudul ‘You and I’ sebagai track utama album ini. Dengan cepat lagu ini merajai chart musik Korea beberapa jam setelah dirilis resmi. Album Last Fantasy ini disebut-sebut sebagai album perpisahan IU terhadap masa remajanya, dan siap menuju masa kedewasaan. Di tahun berikutnya IU merilis album berjudul ‘Spring of a Twenty Year Old’ yang berisikan 3 buah lagu. Promosi lagu ini sendiri tidak dilakukan IU seperti beberapa album sebelumnya, dikarenakan IU harus fokus dengan rangkaian konser serta kegiatan MC nya.

Di akhir tahun 2013 IU kembali dengan sebuah album berjudul ‘Modern Times’ yang menampilkan sisi dewasa IU. Tampil sebagai lagu utama ialah lagu berjudul ‘Red Shoes’ yang diiringi musik dance paduan jazz. Beberapa lagu dalam album ini juga mendapat respon baik dari masyarakat Korea, terbukti dengan diraihnya ‘all kill’ lagu berjudul ‘Friday’ disemua chart musik. Hingga menelurkan album terakhirnya, IU dikenal banyak memiliki penghargaan atas karya musiknya

IU untuk album Modern Times~mtvk.com
IU untuk album Modern Times~mtvk.com

Saat ini, IU tengah fokus membintangi drama ‘Producer’ yang ia bintangi bersama aktor Kim Soo Hyun dan beberapa artis lainnya. Para Uaena, sebutan untuk fans IU, ramai membuat #HappyIUDay menjadi trending topik sebagai bentuk ucapan ulang tahun dari fans untuk IU yang resmi menginjak umur 22 hari ini. Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun IU!

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.