#HAPPYSUHODAY, Selamat Ulang Tahun Suho EXO!

Memiliki member yang banyak, tak dipungkiri boy group EXO sering merayakan ulang tahun para membernya. Seperti pada hari ini, Jum’at 22 Mei 2015, seorang personil EXO, Kim Joon-myun, atau yang kerap disapa Suho, memperingati moment kelahirannya dan beranjak ke usia 24 secara internasional, dan 25 secara Korea. Seperti biasa, tim Beranda.co.id akan kembali mengisahkan perjalanan karir artis ini dari kecil hingga dewasa.

#HAPPYSUHODAY, Selamat Ulang Tahun Suho EXO! ~ exodicted.com
#HAPPYSUHODAY, Selamat Ulang Tahun Suho EXO! ~ exodicted.com

Lahir di Seoul, Korea Selatan, pada 22 Mei 1991, Suho merupakan anak terakhir dalam keluarganya dan diketahui memiliki kakak laki-laki yang memiliki umur 4 tahun lebih tua darinya. Ayah Suho diketahui merupakan seorang professor, sementara ibunya adalah seorang mantan guru dan kini bekerja sebagai ibu rumah tangga. Suho dikenal sebagai anak yang berprestasi, baik semasa SD, SMP, maupun SMA nya. Terbukti Suho beberapa kali mendapat ranking 1 semasa SD, serta selalu masuk peringkat 3 besar semasa SMP nya, selain itu Suho juga rupanya sempat menjadi wakil ketua OSIS namun ia keluar karena menjadi trainee SMEntertainment. Di masa SMA nya, prestasi Suho juga sangat baik, ia termasuk dalam jajaran siswa yang berprestasi selama masa SMA.

Suho memulai karirnya sebagai trainee saat berumur 16 tahun, kala itu ia mengikuti SM Casting System karena merasa tertarik dengan ajakan seorang staf SMEntertainment yang memberinya kartu nama disebuah acara amal. Dengan ketekunanannya serta tekad yang tinggi, Suho makin giat berlatih lalu mengikuti SM Casting System dan akhirnya diterima. Suho kemudian menjalani trainee selama 7 tahun dan menjadi member EXO yang terlama menjalani proses pelatihan tersebut, sehingga tak heran jika Suho memiliki hubungan yang akrab dengan senior-seniornya, seperti Minho Shinee maupun Kyuhyun Super Junior.

Debut Suho bersama EXO ~ deviantart.com

Setelah menjalani trainee selama 7 tahun, Suho kemudian didebutkan bersama para member EXO lainnya pada tahun 2012 silam dengan lagu ‘What Is Love’ dan ‘History’sebagai lagu pembuka debut mereka. EXO sendiri akhirnya merilis single ‘Mama’ sebagai lagu debut, yang dikeluarkan pada April 2012. Suho dalam boy group EXO menempati posisi sebagai lead vocal sekaligus leader dari sub-group EXO-K. Bukan tanpa alasan Suho terpilih sebagai leader, pasalnya cowok tampan pemilik golongan darah AB tersebut sudah sering menjadi pemimpin semasa sekolahnya, sehingga sosok pemimpinnya sudah kuat.

Debut EXO sendiri terbilang sangat baik, mengingat antusiasme dari publik Korea yang begitu menyambut debut boy group campuran China-Korea ini. Usai merilis single tahun 2012, EXO akhirnya merilis album perdana mereka yang bertajuk ‘XOXO’ ditahun 2013, dengan lagu berjudul ‘Wolf’ sebagai lagu utama. Menjelang pertengahan tahun, EXO kembali merilis versi repackage album ini, dengan lagu berjudul ‘Growl’ sebagai lagu utamanya. Album ini sendiri berhasil meraih penghargaan dalam ajang Mnet Asian Music Award tahun 2013 dalam kategori Album Of The Year. Pencapaian ini merupakan sebuah pencapaian yang cukup besar, mengingat waktu debut EXO yang belum terlalu lama. Di akhir tahun 2013 EXO juga menelurkan sebuah mini album untuk perayaan natal yang berjudul ‘Miracle In December’.

Suho untuk mini album 'Miracle In December' ~ pixshark.com
Suho untuk mini album ‘Miracle In December’ ~ pixshark.com

Di tahun 2014, Suho bersama EXO kembali dengan merilis mini album berjudul ‘Overdose’, dengan lagu utama yang berjudul sama. Lagu ini sendiri juga mendapat apresiasi tinggi dari publik, terbukti dari jumlah pre-order dari album ini yang mencapai lebih dari 650 ribu keping. Sayangnya, perilisan mini album EXO ini harus diwarnai aksi keluarnya Kris dari boy group tersebut, dengan mengajukan tuntutan ke SMEntertainment sekaligus memutuskan kontraknya dengan agensi tersebut. Seakan tak cukup sampai disitu, seorang member EXO, yakni Luhan, kembali mengajukan gugatan yang sama terhadap SMEntertainment diakhir tahun 2014.

Seakan tak patah semangat, EXO berusaha bangkit pasca ditinggalkan oleh 2 membernya tersebut. Ditahun 2015 ini, EXO kembali dengan merilis album kedua yang bertajuk ‘Exodus’ pada tanggal 30 Maret kemarin. Lagu berjudul ‘Call Me Baby’ rupanya menjadi track utama album ini. Lagu ini sendiri meraih banyak penghargaan di beberapa acara musik, dan juga meraih peringkat satu pada chart musik online tak lama setelah rilis.

Suho untuk promosi album 'Exodus' ~ allkpop.com
Suho untuk promosi album ‘Exodus’ ~ allkpop.com

Tentu dengan menanjaknya nama EXO, nama Suho sebagai leader pun ikut terdongkrak naik. Wajah Suho sebenarnya sudah pernah tampil dalam musik video boy group seniornya, TVXQ, yang berjudul ‘HaHaHa Song’ bersama dua member EXO lainnya, yakni Chanyeol dan Kai. Tahun 2013, Suho nyatanya sempat menjadi cameo untuk drama ‘Prime Minister and I’ yang dibintangi seniornya, Yoona SNSD. 2014 lalu , Suho didapuk menjadi pembawa acara program musik Inkigayo bersama member EXO lainnya, Baekhyun, dan member ZE;A, Kwanghee. Selain itu, Suho juga menjadi salah satu pengisi suara untuk sebuah film ‘Saving Santa’ yang ditayangkan saat perayaan natal tahun 2014. Ditahun 2015 ini, Suho rupanya memperluas karirnya dengan menjadi bintang drama musikal SM berjudul ‘School OZ’ yang dimainkannya bersama beberapa member dari boy dan girl group SM lainnya, seperti Changmin dari TVXQ dan Key dari Shinee. Suho juga belakangan diketahui akan memulai debutnya didunia perfilman Korea dalam sebuah film yang berjudul ‘Glory Day’.

Suho EXO akan membintangi sebuah film ~ allkpop.com
Suho EXO akan membintangi sebuah film ~ allkpop.com

Perayaan ulang tahun Suho ini rupanya dirayakan oleh penggemar dengan membuat hashtag #HAPPYSUHODAY pada media sosial twitter. Rangkaian doa para fans untuk Suho tentu saja mengalir seiring dengan hashtag tersebut. Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun Leader EXO, Suho!

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.