Siap-siap Nabung! Ini Perkiraan Harga 3 Vaksin yang Sedang Uji Coba Fase 3

Vaksin Covid-19 menjadi barang penting yang dinanti-nanti banyak orang sekarang ini. Walaupun menurut WHO adanya vaksin tidak akan bisa mengembalikan kehidupan seperti sebelumnya, tapi masyarakat tetap berharap vaksin bisa sedikit membawa napas lega. Kabar baiknya setidaknya ada 3 merek vaksin Covid yang sudah siap dilempar.

Ketiga vaksin ini adalah Moderna, Sinovac, serta Pfizer & BioNTech. Ketiganya dikatakan sudah memasuki fase ketiga yang artinya tinggal selangkah lagi untuk bisa diedarkan ke seluruh dunia. Klaim masing-masing pembuatnya, deretan vaksin ini keefektifannya sudah menyentuh angka lebih dari 90 persen. Lalu berapa harga yang mesti dibayar seseorang untuk bisa mendapatkan vaksin-vaksin ini?

Dilansir dari CNA, Moderna mematok vaksinnya seharga antara $25-$37 atau sekitar Rp354 ribu sampai Rp524 ribu. Pabrikan asal Amerika Serikat ini sebelumnya menglaim mampu mencapai 94,5 persen tingkat efektivitas. Lalu untuk Pfizer & BioNTech, mereka mematok harga vaksinnya sekitar $39 dolar atau sekitar Rp552 ribu untuk dua suntikan.

Lalu bagaimana dengan Sinovac? Pabrikan asal Cina ini mematok vaksinnya sekitar Rp421 ribu. Seperti yang kita ketahui, vaksin inilah yang kira-kira akan dibeli pemerintah Indonesia. Jumlah pembeliannya sendiri sekitar 40 juta dosis dengan harga masing-masingnya sekitar Rp200 ribu.

Vaksin-vaksin mulai bermunculan, tapi tentu kita tidak bisa langsung berharap penuh karena bagaimana pun ketiga masih belum resmi diedarkan. Hal terbaik yang bisa kita lakukan tentu menjaga diri dan lingkungan. Swab test bisa dilakukan sebagai modal awal untuk mengetahui kondisi tubuh kita.

Begitu swab test  dan ketahuan hasilnya, maka bisa segera lakukan langkah-langkah preventif. Kemudian untuk menciptakan lingkungan yang aman, maka swab test yang ada bisa diperluas sehingga terjadi cluster hijau di sekitar kita.