Hari Ini Google Rayakan Ulang Tahun Penemu Inti Bumi, Inge Lehmann

Inge Lehmann bukanlah selebriti, bukan pula seniman yang mungkin dikenal banyak orang. Namun bagi para pencinta ilmu pengetahuan, Inge Lehmann, wanita adal Denmark ini adalah salah satu sosok paling berpengaruh di dunia ilmu pengetahuan. Lehmaan yang lahir tepat pada hari ini tanggal 13 Mei 1888 dikenal akan jasa besarnya sebagai penemu inti bumi.

Inge Lehmann sang penemu inti bumi yang ulang tahunay dirayakan Google Doodle~heavy.com
Inge Lehmann sang penemu inti bumi ~heavy.com

Inge Lehmann membuat terobosan besar manakala mengungkapkan teori bahwasanya terdapat sebuh inti bumi yang dituangkans ecara brilian dalam papernya yang bertajuk P. Inge Lehmann mengungkapkan bahwasanya bumi bukanlah sebuah bola dengan inti cair di dalamnya. Lehmann mengungkapan sebuah hipotesa dimana terdapat sebuah inti bumi yang secara fisik berbeda dari sturktur lapisan atas bumi yang kita tempati kini.

Hal ini menjawab pertanyaan mengapa gelombang gempa perlahan mereda dan bahkan menghilang ketika menyentuh sebuah titik tertentu di dalam bumi. Inti bumi tersebutlah yang membuat gelombang gempa perlahan kehilangan kekuatan mereka ketika di dalam bumi. Yang menarik, hipotesa Lehmaan ini langsung diterima oleh para seismolog yang kebingunangan mengetahui bahwa gelombang gempa tak berlangsung terus menerus, tapi berhenti pada satu titik tertentu di dalam bumi.

Dan atas hipotesA brilianya ini, Lehmann diganjar oleh beberapa penghargaan. Lehmann mendaptkan Oscar Wood Award (1960), the Emil Wiechert Medal (1964), the Gold Medal of the Danish Royal Society of Science and Letters (1965), the Tagea Brandt Rejselegat (1938 and 1967), the election as a Fellow of the Royal Society (1969). Dia juga adalah wanita pertama yang menerima penghargaan prestisius the William Bowie Medal pada tahun 1971.

Google Doodle untuk memperingati peryaan hari ulang tahun ke 127 penemu inti bumi Inge Lehmann~http://www.independent.co.uk
Google Doodle memperingati hari ulang tahun ke 127 Inge Lehmann~http://www.independent.co.uk

Dan hari ini, untuk merayakan peringatan hari ulang tahunya yang ke 127, mesin pencari terbesar di dunia mebuatkan Google Doodle khusus untuk wanita jenius ini. Google yang dikenal sering merayakan event tertentu dengan Doodle mereka membuat sebuah ikon dimana terdapat inti bumi yang mewakili logo Google pada hari ini.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.