Huahh… Mengenal Tingkat Kepedasan Cabai di Google Doodle Wilbur Scoville

Wilbur Scoville namanya diabadikan untuk menjadi Google Doodle pada hari ini. Dan Google pun menerapkan tema interaktif untuk doodle sang ilmuwan, yang terkenal dengan karyanya memetakan tingkat kepedasan berbagai varietas cabai di dunia.

Google doodle perayaan ulang tahun Wil bur Scoville penemu tingkat kepedasan cabai~google.co.id
Google doodle perayaan ulang tahun Wilibur Scoville~google.co.id

Wilbur Lincoln Scoville adalah ahli farmasi asal Amerika yang lahir pada 22 Januari 1865. Ilmuwan yang sempat mengajar sebagai profesor di Massachusetts College of Pharmacy and Health Sciences ini terkenal dengan karyanya yang bertajuk The Art of Compounding. Namun Scoville sendiri dikenal dengan salah satu temuan besar dan pentingnya, untuk mengukur tingkat kepedasan berbagai varietas cabai di seluruh dunia.

Scoville mempelopori “Scoville Organoleptic Test”, sebuah test dimana dia berhasil memetakan dan mengukur berbagai tingkat kepedasan cabai diseluruh dunia. Karena jasanya inilah Scoville kemudian memenangkan penghargaan Ebert Prize, dan membuat namanya menjadi salah satu ilmuwan paling terkenal di dunia. Namun yang paling diingat dari Scoville tentu saja adalah satandar kepedasan cabai yang disebut sebagai Satuan Unit Scoville. Standar ini digunakan untuk menentukan jenis cabai mana yang paling tidak pedas, hingga yang paling pedas membakar.

Dan untuk menghormati jasa ilmuwan yang wafat 10 maret 1942 ini, Google membuat doodle art interaktif untuk mengenang ulang tahun ke 151 Wilbur Scoville. Di laman awal Google hari ini, Anda akan melihat doodle art berbentuk cabai yang memang menjadi ciri khas Scoville. Selain itu ada games interaktif yang akan membuat Anda mengetahui jenis cabai terpedas dan paling tidak pedas di dunia ini.

Melalui game Google Doodle itu Anda akan tahu bahwa Paparika masih menduduki posisi paling bontot sebagai cabai paling tidak pedas di dunia. Namun jangan pernah berani mencoba cabai Jalapeno. Jalapeno diketahi memiliki tingkat kepedasan antara 3,500 – 10,000 unit Scoville. Tetapi juara cabai paling pedas di dunia ditemui dalam Bhut Jolokia (ghost pepper) yang memiliki 855,000 – 2,200,000 satuan unit Scoville. Wow! Bisa dipastikan lidah akan langsung terbakar saat anda menyantap cabai ini.

Belajar sambil bermain mengenal tingkat kepedasan cabai ini bisa Anda coba sekarang melalui Google Doodle Willbur Scoville. Awas, hati-hati kepedasan ya, selamat mencoba.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.