Ini Alasan Mengapa Lola Flores Dipilih Jadi Ikon Google Doodle Hari Ini

Lola Flores menjadi nama yang dipilih oleh Google Doodle hari ini. Namun siapakah sebanrnya Lola Flores yang dipilih untuk dijadikan Doodle art oleh Google Pada hari ini? Lola Flores sendiri diketahui sebagai sosok penyanyi, penari dan artis. Lola diketahui lahir pada 21 Januari 1923 di Jerez de la Frontera, Cádiz, Andalusia, Spanyol.

Google doodle abadaikan ulang tahun Lola Flores yang jatuh pada hari ini~google.co.id
Google doodle abadaikan ulang tahun Lola Flores~google.co.id

Dan tentu saja wanita cantik yang meninggal pada 16 Mei 1995 di Madrid Spanyol ini punya keistimewaan yang spesial, sehingga ulng tahunya dijadikan Google Doodle pada hari ini. Lola Flores diketahui sebagai ikon cerita rakyat Andalusia dan juga simbol budaya masyarakat Gipsi Spanyol. Tak hanya itu wanita bernama lengkap María de los Dolores Flores Ruiz juga terkenal secara internasional.

Ini karena sosok Lola Flores menjelma sebagai salah satu penari dan penyanyi cerita rakyat Andalusia termuda yang pernah ada. Padahal Lola sendiri bukan orang Gipsi, meskipun mengaku memiliki leluhur berdarah Rumania. Diusianya yang masih snagat muda, Lola mempertunjukkan flamenco, copla, dan chotis (3 tipe kesenian paling terkenal di Andalusia) dengan sangat baik.

Sosok Lola Flores, penari asal Spanyol yang dijadikan ikon google doodle~www.vanitatis.elconfidencial.com
Sosok Lola Flores, yang dijadikan ikon google doodle~www.vanitatis.elconfidencial.com

Selain itu, namanya juga harum sebagai wanita yang membawa cerita rakyat dan budaya Andalusia di dunia perfilman. Ya Lola ternyata juga seorang artis, yang sempat malang melintang didunia perfilman pada medio 1939 sampai 1987. Dia juga sempat mementaskan pertunjukan tarian dan cerita rakyat Andalusia bersama Manolo Caracol.

Karena kontribusinya yang besar dibidang budaya tersebutlah sosok Lola kemudian diabadikan sebagai patung di tanah kelahirnya, Jerez de la Frontera. Tak hanya itu tepatnya hari ini pada perayaan ulang tahunya yang ke 93, Google pun melakukan tribute dan penghormatan dengan menajdikanya ikon doodle art.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.