Ini Alasan ‘Siti’ Jadi Film Terbaik Di Festival Film Indonesia 2015

Malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2015 resmi digelar. Sejumlah insan perfilman nasional akhirnya diumumkan sebagai jawara nominasi dan berhak meraih Piala Citra.

Alasan ‘Siti’ Jadi Film Terbaik Di Festival Film Indonesia 2015 ~ liputan6.com
Alasan ‘Siti’ Jadi Film Terbaik Di Festival Film Indonesia 2015 ~ liputan6.com

Salah satunya pememang yang paling sukses menyedot perhatian publik adalah kala ‘Siti’ disebut sebagai jawara Festival Film Indonesia (FFI) 2015 untuk kategori Film Terbaik. Padahal, film yang disutradarai oleh Eddie Cahyono ini belum pernah sekali pun muncul di bioskop-bioskop Tanah Air.

Sementara di sisi lain, pesaing film Siti juga tak kalah hebat. Sebut sajaGuru Bangsa: TjokroaminotoToba DreamsMencari Hilal dan A Copy Of My Mind. “Film Siti memang tak dibuat untuk ikut FFI. Tapi dewan juri memilih film ini dan menominasikannya sebagai Film Terbaik,” kata Eddie Cahyono seperti yang dilansir dari Liputan6.com

Ajang penghargaan bergengsi ini memang memilih film buatan anak bangsa tak hanya yang tayang di bioskop, tapi juga diikutsertakan dalam festival. Ada dua film yang masuk nominasi Film Terbaik yang belum pernah diputar di bioskop nasional, yakni Siti dan A Copy of My Mind.

Kendati demikian, film buatan Fourcolor Films tersebut sudah wara-wiri di berbagai festival film internasional, seperti Rotterdam International Film Festival dan Shanghai International Film Festival. Alhasil, Siti berhasil masuk nominasi FFI 2015.

“Mudah-mudahan dengan kemenangan film ini, Siti bisa segera diputar di bioskop komersial. Produser kami sedang mengupayakan hal itu,” lanjut dia.

Film Siti sendiri bercerita mengenai kehidupan pemandu karaoke kelas bawah yang beroperasi di sekitar Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Karena dibuat dengan bujet terbatas, film tersebut tampil dengan warna hitam putih.

Selain menggondol Piala Citra untuk kategori Film Terbaik, Siti juga berhasil membawa pulang Piala Citra untuk kategori Penulis Skenario Asli Terbaik dan Penata Musik Terbaik FFI 2015.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.