Ini Alasan SM Entertainment Boikot Debut Solo Tao Eks EXO Di Youtube

Kita tahu sudah lebih dari satu bulan laluTao memutuskan untuk mendirikan agensi miliknya sendiri di China pasca hengakang dari grup musik yang telah membesarkan namanya, EXO. Hingga pada 23 Juli lalu, ia pun merilis mini album solo pertamanya. Alih-alih mendukung, SM Entertainment selaku agensi yang menaungi EXO malah mengambil langkah brutal pada keputusan Tao berikut. Mereka dengan tegas membuat video klip bertajukT.A.O diblokir di Youtube tak lama setelah diupload.

Ini Alasan SM Entertainment Boikot Debut Solo Tao Eks EXO Di Youtube. ~ soompi.com
Ini Alasan SM Entertainment Boikot Debut Solo Tao Eks EXO Di Youtube. ~ soompi.com

SM Entertainment beralasan bahwa Tao masih memiliki kontrak dengan mereka. Maka dari itu pihak menagement memblokir video klip Tao di situs YouTube. Pemblokiran yang dilakukan oleh pihak agensi tersebut membuat masalah antara kedua pihak menjadi semakin memanas. “Kami dalam tahap untuk berbicara pada Tao untuk mengarahkan pada hal yang lebih baik,” tutur perwakilan SM Entertainment soal langkah blokir tersebut seperti dilansir dari Soompi.

Sayangnya pihak SM Entertainment merasa dikhianati sehingga memblokir video tersebut. Mereka merasa masih memiliki kewenangan terkait hak cipta maupun aktivitas yang dilakukan oleh pria bernama lengkap Huang Zitao ini.

Sementara itu, Star News juga mewartakan bahwa SM Entertainment akan segera mengirim permintaan untuk memblokir semua video yang berhubungan dengan Tao kepada pihak YouTube. Hal ini dikarenalan Tao masih terikat kontrak dengan pihak agensi yang tak memperbolehkannya melakukan aktivitas lain selain dibawah otoritas SM Entertainment.

Tindakan yang dilakukan SM Entertainment dianggap sudah benar. Netizen–pengguna internet–mendukung dengan penuh usaha SM Entertainment itu. “Tak ada satu pun dari kita yang ingin melihat karya dari seorang pengkhianat,” tulis seorang pengguna melalui forum internet NetizenBuzz.

“Setelah mendengar lagu Tao, video debutnya diblokir karena menggunakan lagu EXO sebagai teaser. Jadi, Tao bermasalah dengan hak cipta. Lucu sekali, dia menyebut waktunya di EXO hanya terbuang percuma, tapi menggunakan lagu EXO,’ tambah netizen lainnya.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.