Ini Kondisi Terakhir Pak Raden Sebelum Wafat

Indonesia kembali berduka karena kehilangan sosok seniman sejati bernama Drs. Suyadi. Pria yang kerap disapa Pak Raden ini meninggal dunia pada Jumat (30/10/2015) sekitar pukul 22.00 WIB. Pak Raden menghembuskan nafas terakhirnya di usia 82 tahun di RS Pelni Petamburan, Jakarta Pusat.

Kondisi Pak Raden Sebelum Beliau Wafat
Kondisi Pak Raden Sebelum Beliau Wafat

Orang yang selama ini berprofesi sebagai perawat Pak Raden, Nanang mengatakan kondisi kesehatan sang seniman sebelum dibawa ke rumah sakit.

“Sebelum dibawa ke rumah sakit, Kamis (29/10/2015) dia sudah panas. Saya bilang panas, kata Pak Raden nggak panas. Saya bilang manajemennya, mereka bilang nanti hari Jumat aja,” ujar Nanang

Pak Raden pun sempat menyuruh Nanang untuk pulang. Tetapi, Nanang enggan pulang karena ingin tetap bersamanya karena melihat kondisi kesehatan Pak Raden yang tidak stabil.

Sekitar pukul 03.00 WIB dini hari pada Jumat (30/10/2015), Pak Raden tiba-tiba membangunkan Nanang karena ingin membuang air kecil.

“Saya ngelihat jam, ya saya sempet keringetan karena takut jatuh. Dipanggil di dalam WC dia diem aja. Saya bopong ketempat tidur, baru saya telepon pak Sodjo (Prasodjo) manajernya. Akhirnya dibawa ke rumah sakit jam 05.00 pagi,” tandasnya.

Setelah itu, Nanang tak tahu lagi perkembangan kondisi Pak Raden. Ia kaget lantaran tiba-tiba dikabarkan Pak Raden meninggal dunia sekitar pukul 22.00 WIB.

“Nggak ada (tanda-tanda). Cuma dia megang tangan saya keras banget. Itu jam 03.00 pagi. Dia lagi tidur terus bangunin Pak Nanang,” ungkap Nanang

Siti Nurjanah

The way to get started is to quit talking and begin doing