Ini Pernyataan Kontroversi Aamir Khan Yang Membuatnya Dikecam Publik India

Belum lama ini aktor kawakan Bollywood, Aamir Khan sedang menjadi bulan-bulanan publik, khususnya publik India. Bagaimana tidak, bintang film Dhoom 3 tersebut dikecam banyak orang karena pernyataannya yang menyebutkan bahwa India semakin tidak toleran dan bahwa istrinya, Kiran Rao sempat ingin pergi dari negeri tersebut karena tak lagi menemukan kenyamanan.

Pernyataan Kontroversi Aamir Khan Yang Membuatnya Dikecam Publik India ~ liputan6.com
Pernyataan Kontroversi Aamir Khan Yang Membuatnya Dikecam Publik India ~ liputan6.com

“Kiran dan saya telah tinggal di India sepanjang hidup kami. Untuk pertama kalinya dia bilang, ‘Haruskah kita keluar dari India?’. Dia khawatir dengan anak-anak. Dia khawatir dengan atmosfer di sini. Ini menandakan ada suatu kegelisahan yang tumbuh,” kata Aamir Khan dalam sebuah acara penghargaan media baru-baru ini seperti dilansir telegraph.co.uk.

“Saya percaya agama tak ada urusannya dengan terorisme. Daripada menyebut seseorang dengan sebutan ‘teroris Islam’ atau ‘teroris Hindu’, sebaiknya kita menyebutnya ‘teroris saja’,” sambung aktor berusia 50 tahun tersebut.

Alhasil, akibat pernytaan kontroversi tersebut, Aamir mendapat banyak protes baik di media sosial maupun jalanan. Ia dituduh tidak nasionalis. Bahkan, sejumlah aktor seperti Paresh Rawal dan Anupam Kher juga turut mengecamnya.

“Apakah kau bertanya kepada Kiran negara mana yang hendak dituju? Apakah kau memberitahunya kalau negara ini lah yang membuatnya seperti sekarang?” kata Anupam Kher. “Jika saya percaya ini adalah Tanah Air saya, saya tak akan bicara mengenai meninggalkannya,” ujar Paresh Rawal.

Tak tanggung-tanggung, kemarah publik semakin menjadi dengan terlihatnya sejumlah orang berdemonstrasi di luar rumah sang aktor. Akibatnya, rumah Aamir Khan harus dijaga ketat oleh polisi.

Aamir Khan telah memberi pernyataan lanjutan menanggapi banyaknya kecaman yang diterimanya, mengungkapkan bahwa dirinya bangga menjadi orang India dan tak berencana meninggalkan negara tersebut. India berpenduduk 1,2 miliar orang, mayoritas beragama Hindu. Sebanyak 170 juta diantaranya adalah muslim, termasuk Aamir Khan.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.