Ini Tanggapan Kristen Stewart Perihal Keberpihakan ‘Gender’ di Jagad Hollywood

Nama Kristen Stewar sudah jarang terlihat di dunia peran film Hollywood, namun bukan berarti dia kehilangan sinarnya di pentas dunia. Hal ini terbukti dengan dinobatkannya penghargaan Cesar Awards di Perancis. Hebatnya lagi, ia menjadi artis Amerika pertama yang membawa pulang penghargaan dalam dunia film tersebut.

Kristen Stewart angkat bicara soal keberpihakan gender di Hollywood. ~ ew.com
Kristen Stewart angkat bicara soal keberpihakan gender di Hollywood. ~ ew.com

Perempuan cantik yang terkenal lewat perannya sebagai Bella di Twilight tersebut baru-baru ini angkat bicara perihal keberpihakan seks atau gender di Hollywood. Ia pun turut mengkritisi isu tersebut, yang sebelumnya artis Meryl Streep dan Patricia Arquette juga menyinggung mengenai hal ini. Ia memberikan komentarnya secara gambling, pasalnya ia juga turut merasakan hal tersebut.

Seperti yang dilansir di Variety, dalam sabuah wawancara, Kristen mengatakan bahwa keberpihakan gender di Hollywood adalah hal yang menjijikkan dan gila. “Tidak dapat disangkal, perempuan harus bekerja lebih keras untuk bisa diakui,” ungkapnya. “Sangat terbukti kegilaannya,”

Meski dinilai mengkritik dengan lugas dan tajam, mantan kekasih Robert Pattinson tersebut menjelaskan pengalaman dan hasil observasi yang melatarbelakangi ia  berpendapat seperti itu. Jelasnya, ia berada di pihak Carey Mulligan yang sekali waktu pernah mengatakan bahwa kesempatan yang diberikan kepada wanita untuk berada di industri hiburan masih berlahan kecil.

Selama ini, belum ada sejarah mencatat perihal cerita kehebatan wanita di jagad hiburan. “Butuh bertahun-tahun perjuangan. Perempuan disiksa dan itu tidak ada dalam layar. Itu refleksi dari industri film kita, cerita itu belum pernah dilontarkan sebelumnya,” ujar Mulligan.

Sementara itu, sebelum komentar Kristen beredar, pernyaataan Arquette sudah membuat orang-orang berantusias. Penyataan tersebut ia lontarkan ketika menerima Piala Oscar 2015 sebagai pemeran pendukung wanita terbaik. Dengan lantang ia mengatakan bahwa keberpihakan gender tersebut belum hilang dan masih kerap terjadi.

“Untuk semua perempuan yang melahirkan. Untuk semua pembayar pajak dan warga negara ini. Kami harus berjuang untuk setiap persamaan hak, bahkan untuk orang lain,” ungkap Arquette. “Ini waktunya membuat persamaan untuk semua, persamaan hak untuk perempuan dan di Amerika Serikat,”

Ketika mengatakan hal tersebut dengan tegas, tanpa pikir panjang Streep berdiri sembari tepuk tangan tanda ia menyambut baik pernyataan tersebut dengan raut wajah paling antusias.

 

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.