Inilah Beberapa Lomba Khas Untuk Mempringati Hari Kartini

21 April di Indonesia selalu diperingati sebagai hari Kartini. Hari Kartini sendiri disebut sebagi penanda lepasnya kaum wanita Indonesia dari belenggu kebodohan atau gelap, menuju masa yang lebih beradab, bependidikan dan juga kesetaraan atau emansipasi bagi setiap wanita atau singkatnya menuju pencerahan. Hal ini senada dengan apa yang ditulis oleh R.A Kartini dalam bukunya “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Lomba-Lomba yang sering diadakan untuk memperingati hari Kartini di seluruh Indonesia~www.pekanbaru.co
Lomba yang sering diadakan untuk memperingati hari Kartin~www.pekanbaru.co

Di Indonesia sendiri, tanggal 21 April yang bertepatan dengan hari Kartini ini selalu diisi dengan aneka lomba unik yang menarik. Lomba yang digelar umumnya yang berhubungan dengan aktivitas yang biasanya di lakukan oleh kaum wanita. Yang ikut, boleh siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, manula bahkan hingga kaum pria. Nah lomba apa sih yang paling sering digelar saat perayaan hari Kartini? Beranda sudah merangkum beberapa nih lomba yang sangat sering digelar selama perayaan hari Kartini di Indonesia. Jika ada yang terlewatkan, boleh kok pembaca menambahkan di kolom komentar.

Lomba masak

Lomba masak baik bapak-bapak atau ibu-ibu untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini~sttnas.ac.id
Lomba masak bapak-bapak atau ibu-ibu untuk memperingati Hari Kartini ~sttnas.ac.id

Yup memasak identik dengan aktivitas kaum wanita dan kaum ibu setiap hari. Dan biasanya saat hari Kartini seperti ini, lomba masak menjadi salah satu favorit yang sering diselenggarakan banyak pihak. Mulai dari sekolah-sekolah, RT/RW, biasanya menggelar lomba ini untuk perayaan hari Kartini. Uniknya, biasanya kaum bapak-bapak yang akan berpartisipasi dalam lomba memasak ini meski tak menutup kemungkinan, ibu-ibupun akan ikut serta berlomba.

Lomba busana daerah

Lomba busana daerah pada hari Kartini umum dilaksanakan di berbagai tempat di Indonesia~www.tribunnews.com
Lomba busana daerah pada hari Kartini~www.tribunnews.com

Yuhuu untuk memperingati hari Kartini sekaligus memupuk rasa nasionalisme, lomba busana daerah biasanya diselenggrakan pada hari ini. Tak harus model, siapapun boleh ikut dalam acara ini. Biasanya yang mengikuti lomba adalah anak-anak, remaja atau ibu-ibu yang lucu bergaya dan berlenggak-lenggok diatas catwalk.

Lomba dandan/berias

Lomba dandan atau berias untuk memperingati hari Kartini juga biasa dilaksanakan di ebrbagai tempat~lifestyle.kompasiana.com
Lomba dandan atau berias untuk memperingati hari Kartini~lifestyle.kompasiana.com

Wanita tak jauh-jauh dari yang namanya berdandan atau berias. Tak heran jika berdandan dan berias biasanya juga dijadikan tema lomba untuk peringatan hari kartini ini. Yang unik, kadang tak hanya kaum wanita yang ikut lomba berias saat peryaan hari Kartini. Bapak-bapak dan kaum pria juga tak mau ketinggalan loh ikut lomba berias pula, hihihihi.

Lomba menulis dengan tema hari Kartini

Lomba menulis dengan tema Kartini biasanya dilaksanakan di lingkungan pendidikan seperti sekolah a
Lomba menulis dengan tema Kartini ~www.semenindonesia.com

Biasanya lomba jenis ini diadakan di sekolah-sekolah dan lingkungan pendidikan. Kartini menjadi tema utama yang diangkat untuk lomba menulis ini yang bisa berupa essay, puisi dan karya tulis lainya.

Lomba senam ibu-ibu

Lomba senam ibu-ibu juga umum diselenggarakan pada hari Kartini di berbagai belahan tempat di Indonesia
Lomba senam ibu-ibu umum diselenggarakan pada hari Kartini ~bursakreasi.blogspot.com

Nah biasnaya nih ibu-ibu PKK atau dalam suatu komunitaas tertentu, memilih lomba senam untuk dipertandingkan dengan kelompok yang lainnya. Eh bagi Anda yang muda-muda boleh loh ikutan senam ibu-ibu. Itung-itung untuk olah tubuh juga supaya segar dan bugar.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.