Inilah Negara Paling Bahagia di Dunia, Dimana Posisi Kita?

Siapa sih yang nggak mau bahagia? Pasti semua orang pingin bahagia, namun ukuran kebahagiaan orang pastinya berbeda-beda. Ada yang bahagia dengan memiliki segalanya, adapula yang bahagia dengan cara hidup sederhana. Ada yang bahagia dengan kekayaan hartanya, ada pula yang bahagia dengan kekayaan ilmunya. Tapi ada loh ukuran tertentu yang bisa mengukur kadar kebahagiaan orang maupun suatu penduduk.

bahagia itu sederhana ~ news.com.au
bahagia itu sederhana ~ news.com.au

Hal inilah yang dilakukan oleh lembaga Sustainable Development Solutions Network (SDSN). Dalam surveinya, SDSN meluncurkan indeks kebahagiaan yang didasarkan pada kebijakan pemerintahnya. Jadi penilaiannya menyangkut pendapatan domestik bruto (PDB), tingkat kesehatan, korupsi, dan kebebasan sosial. Nah dalam surveinya itu, SDSN mensurvei 158 negara dan negara yang menempati urutan pertama dalam indeks kebahagiaan versi SDSN adalah Swiss.
Stereotipe negara swiss ~ http://www.englishforum.ch
Stereotipe negara swiss ~ http://www.englishforum.ch

Swiss, negeri yang terkenal dengan jam mewah dan cokelatnya itu sudah 3 kali berturut-turut menduduki negara paling bahagia di dunia. Menurut survei tersebut, Swiss lah yang paling memenuhi kriteria untuk menjadi negara terbahagia di dunia.”Peningkatan kebahagiaan berdasarkan tingkat kesejahteraan sosial, dan efektivitas dari kebijakan publik yang dilakukan,” demikian bunyi laporan tersebut.

Kebijakan dari pemerintah pusat dan lokal bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Survei dari SDSN ini dilakukan bersama para akademisi, pelaku pemerintah, serta sektor swasta.

Dan inilah lima besar negara paling bahagia di dunia

  • Swiss
  • Islandia
  • Denmark
  • Norwegia
  • Kanada

Wah kira kira Indonesia masuk urutan ke berapa ya? Ada yang tau?

Sopian Ahmad

Kuli Tinta yang lagi magang di alam pikirannya sendiri. Good Listener, Analyst, Problem Solver. Stay Foolish, Stay Hungry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.