Inilah Waktu Yang Tepat Melihat Gerhana Bulan Darah Malam Ini

Salah satu kejadian alam yang menyita perhatian banyak orang adalah gerhana bulan. Gerhana bulan sendiri sebenarnya adalah peristiwa alam yang biasa dan umum terjadi. Namun tentu saja ada fase dimana gerhana bulan menjadi sangat istimewa. Seperti yang akan terjadi malam ini yang disebut dengan Gerhana Bulan Darah.

Gerhana Bulan Darah terjadi malam ini
fenomena Gerhana Bulan Darah akan terjadi malam ini di seluruh Indonesia~www.inquisitr.com

Yang unik, gerhana bulan darah ini bisa dilihat di seluruh kota di Indonesia. Sebenarnya, gerhana bulan darah ini sudah terjadi sejak pukul 17:16 tadi untuk wilayah Indonesia barat. Namun dikarenakan cahaya matahari masih cukup menyinari, gerhana bulan ini tidak bisa begitu terlihat dengan jelas di waktu tersebut.

Lembaga Pernerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merilis waktu yang tepat untuk melihat fenomena alam yang sangat unik ini. Anda yang tinggal di Indonesia Barat bisa melihat fenomena ini antara pukul 17:16- 20: 45. Sedangkan puncaknya bisa Anda lihat sekitar pukul 18:58 WIB-19:03 WIB. Untuk Indonesia tengah, Anda bisa mulai melihat fenomena alam ini mulai pukul 18:16-21:45 dan puncaknya akan terjadi pukul 19:58 WITA-20:03 WITA. Sedangkan di Indonesia Timur, gerhana bulan bisa dilihat mulai pukul 19:16-22:45 dan puncaknya akan terjadi pada 20:58 WIT-21:03 WIT.

Gerhana bulan darah sendiri adalah suatu fenomen yang langka dimana warna satelit bumi tersebut menajdi semerah darah. Namun tak hanya itu, gerhana bulan malam ini juga langka karena kan menjadi yang terpendek selama 500 tahun terkahir ini. Umumnya, gerhana bulan darah akan terjadi selama kurang lebih 15 menit. Namun malam ini diperkirakan fenomena unik nan langka ini hanya akan berlangsung selama kurang lebih 5 menit saja. Jadi persipakan diri dan kamera Anda ya untuk melihat dan mengabadikan fenomena langka ini.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.