Ironi Kehidupan Penulis Indonesia NH Dini, Ibu Sutradara ‘Minions’

Ternyata ada hal ironis dibalik kesuksesan sutradara berdarah Indonesia, Pierre-Louis Padang Coffin dalam menggarap film ‘Minions’. Yakni kisah kehidupan ibu kandungnya, yang tak lain adalah seorang novelis Indonesia yang sempat tenar dengan karya-karyanya pada tahun 1970-an. Jika kini Peirre tengah menikmati keberhasilannya dengan puja-puji akan karyanya yang kini sedang tayang di bioskop seluruh dunia, lain halnya dengan kehidupan sang bunda.

Ironi Kehidupan Penulis Indonesia NH Dini, Ibu Sutradara ‘Minions’. ~ energygiver.com
Ironi Kehidupan Penulis Indonesia NH Dini, Ibu Sutradara ‘Minions’. ~ energygiver.com

Adalah NH Dini yang kini tinggal di sebuah panti wreda di Ungaran, Jawa Tengah. Pemilik nama asli Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin itu kesulitan menghidupi diri. Padahal dahulu ia novelis laris. Beberapa bukunya yang terkenal di antaranya Pada Sebuah Kapal, Hati yang Damai, Padang Ilalang di Belakang Rumah, Sekayu, jugaLangit dan Bumi Sahabat Kami. Novelnya masih banyak lagi. Belum lagi kumpulan cerpen dan noveletnya.

Beberapa bukunya diterbitkan kembali tahun-tahun belakangan ini oleh Gramedia. Pada 2003, ia masih menerbitkan buku baru berjudul Dari Parangakik ke Kamboja, dan masih diminati. Namun, rupanya royalty sebagai penulis hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya saja. Dengan bantuan rekannya serta menjual barang yang didapatnya dari menjaga hewan peliharaan sewaktu bekerja di Prancis dulu, ia bisa menyambung hidup.

Tak hanya kesulitan dalam di bidang ekonomi, NH Dini juga diketahui tengah menderita sakit Hepatitis B dan batu empedu. Namun, untungnya ia mendapat bantuan dari Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto untuk mengobati penyakitnya. Dan setelah pulih, kini ia kembali mengabdikan hidupnya pada pondok baca yang telah ia rintis.

Setelah memilih berpisah dari suaminya, Yves Coffin, NH Dini pulang ke Indonesia membawa uang US$ 10 ribu atau Rp 133 juta dengan kurs sekarang. Itu langsung ia gunakan untuk membangun pondok baca anak-anak di Sekayu, Semarang. NH Dini pun mengabdikan diri pada tulis-menulis.

Pierre merupakan putra NH Dini hasil perkawinannya dengan diplomat Perancis Yves Coffin. Ia punya satu anak lagi, Marie-Claire Lintang Coffin. Lintang menetap di Kanada, sementara Pierre berkarier di Perancis.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.