Demo 4 November Rusuh, Netizen Malah Salah Fokus Jaket Jokowi

Aksi demo besar-besaran terjadi pada 4 November kemarin dilakukan sejumlah organisasi masyarakat. Mereka menuntut kasus dugaan penistaan agama yang dituding dilakukan oleh Ahok diproses hukum.

Awalnya aksi ini berlangsung damai sebelum pada malam hari terjadi kerusuhan diikuti aksi pembakaran dan penjarahan. Guna meredam aksi ini, Presiden Jokowi pada tengah malam tadi akhirnya menggelar konferensi pers di Istana Negara berkaitan dengan aksi yang berakhir ricuh ini.

Jokowi mengungkapkan beberapa poin penting, seperti meminta pendemo untuk pulang ke daerah masing-masing, mengatakan jika aksi anarkis di demo ini aktor politik serta mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah mengamankan aksi demo ini. Tapi ada bikin heboh netizen pada konferensi pers Jokowi.

Jika saat konferensi pers, Presiden biasanya mengenakan pakaian formal, berbeda dengan yang dikenakan Jokowi tengah malam tadi. Jokowi mengenakan celana kain hitam yang dipadukan dengan bomber jacket.

jaket-jokowi-konpres

Sontak penampilan Jokowi ini mengalihkan perhatian netizen dari aksi 4 November. Banyak yang memuji gaya berpakaian Jokowi yang dinilai keren hingga menebak apa merk bomber jacket yang dikenakan Jokowi.

Beberapa netizen menebak jaket yang dikenakan jokowi bermerk Zara atau Pull&Bear. Bahkan saking penasaran ada yang nekat mention sang putra, Kaesang Pangarep, untuk menanyakan merk jaket Jokowi.

jaket-jokowi-netizen

Ada netizen yang menduga jaket yang digunakan Jokowi adalah merk Zara. Dugaannya ini diperkuat dengan membandingkan dua foto, Jokowi saat mengenakan jaket dengan seorang model mengenakan jaket Zara.

jokowi-jaket-zara

Masih ramai dibahas jika tren bomber jacket bisa jadi tambah booming setelah dikenakan Jokowi. Padahal tren bomber jacket sendiri sebelumnya sudah ngetren di kalangan artis. Sebelum menjadi tren fashion, bomber jacket digunakan pilot pesawat tempur.

Salah fokus di tengah kejadian heboh seperti ini bukan pertama kali terjadi di Indonesia. Sebelumnya saat kejadian bom sarinah beberapa waktu lalu, netizen malah salah fokus ke polisi ganteng serta aksesoris seperti tas dan sepatu yang dipakai polisi saat menangani teroris.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.