Jangan Anggap Sepele! Waspadai Gejala Asam Lambung Sedini Mungkin

Berpulangnya aktor senior Didi Petet diyakini karena faktor kelelahan usai menghadiri World Expo Milano di negeri Italia, tapi menurut kerabat dekat almarhum, selain faktor kelelahan Didi Petet memang sudah sakit terutama di bagian lambung. Diyakini pemeran Kang Bahar dalam sinetron Preman Pensiun ini memiliki riwayat asam lambung yang konon sangat tinggi.

Penyakit asam lambung adalah penyakit karena naiknya produksi asam lambung di saluran pencernaan tepatnya di lambung. Penyebab asam lambung kambuh adalah asupan makanan yang kurang baik. Asupan makanan yang kurang baik merupakan makanan yang kadar keasamannya tinggi dan dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung diperut. Penyakit asam lambung ini biasa kita kenal dengan sebutan maag.

gejala asam lambung ~ http://penyebabmaag.com
gejala asam lambung ~ http://penyebabmaag.com

Penyebab asam lambung kambuh juga bisa dikarenakan pola makan yang tidak teratur. Hormon stres juga dapat memicu penyakit ini kambuh. Gejala yang dirasakan penderita ketika asam lambung kambuh adalah nyeri pada bagian ulu hati ini artinya produksi asam lambung sedang meningkat.

Penyakit asam lambung atau asam lambung tinggi memiliki gejala seperti, sensasi panas di dada (heartburn), kadang-kadang menyebar ke tenggorokan hingga terjadi rasa asam di mulut, sakit dada, kesulitan menelan (disfagia), batuk kering, suara serak atau sakit tenggorokan, regurgitasi makanan atau cairan asam (acid reflux) dan sensasi benjolan di tenggorokan.

Jika asam lambung naik biasanya sebagian orang langsung mengonsumsi obat yang tergolong antasida atau penghambat sekresi asam lambung. Sebenarnya obat tersebut hanya meredakan maag atau asam lambung untuk sementara. Penyakit maag ini bisa kambuh kembali secara tiba-tiba dan mungkin akan lebih parah dari sebelumnya. Hal yang harus diperhatikan adalah mengenali penyebab asam lambung kambuh misalnya mungkin dari faktor pola makan Anda yang tidak teratur sesuai dengan pola makan sehat, atau juga karena telat makan.

Selain mengonsumsi obat maag yang benar, mengatur pola makan sehat juga perlu dilakukan untuk mencegah penyebab asam lambung kambuh.

Beberapa hal dibawah ini adalah tips untuk mencegah asam lambung kambuh:
1. Makan teratur
2. Mengunyah makanan sebanyak 32 kali agar makanan lebih lembut ketika masuk lambung
3. Menghindari makanan penyebab maag
4. Mengonsumsi susu kedelai
5. Menghindari stres
6. Menghindari rokok

Semoga info ini bermanfaat bagi kita semua ya…

Sopian Ahmad

Kuli Tinta yang lagi magang di alam pikirannya sendiri. Good Listener, Analyst, Problem Solver. Stay Foolish, Stay Hungry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.