Jembatan Unik Ini Punya Bentuk Mirip Simpul Tali

China memang negeri yang tidak pernah berhenti membuat kejutan, selalu ada saja inovasi maupun kejadian unik yang muncul dari negeri Tirai Bambu. Kali ini, beredar kabar yang mengatakan bahwa kini mereka memiliki jembatan pejalan kaki dengan bentuk yang unik.

Sebelumnya, China sudah bikin heboh masyarakat dunia dengan membuat jembatan kaca tertinggi dan terpanjang sejagat. Dan seolah belum puas, kini mereka membuat jembatan baru dengan model yang sama sekali tidak biasa.

Jembatan Lucky Knot
Jembatan Lucky Knot

Lucky Knot, demikian nama jembatan tersebut, baru saja diresmikan di Changsa, China. Menghubungkan Dragon King Harbour River dan Distrik Danau Meixi, jembatan dengan bentuk nyleneh ini hadir atas usaha keras para desainer di NEXT Architects, sebagaimana dilansir oleh Lonely Planet.

Sesuai dengan namanya, jembatan satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan simpul tali. Konon, mereka yang merancang jembatan ini terinspirasi dengan Mobius strip atau seni simpul yang sudah lama menjadi bagian dari tradisi setempat. Simpul tersebut dipercaya melambangkan keberuntungan dan kemakmuran bagi mereka yang memakainya.

Jembatan Lucky Knot
Jembatan Lucky Knot

Tidak seperti jembatan biasa yang hanya memiliki jalan lurus, Lucky Knot dilengkapi dengan jalan naik dan turun, yang membuatnya bisa dinikmati dengan berbagai cara berbeda. Menurut laporan dari AOL News, jembatan ini memiliki tinggi 24 meter dan panjang mencapai 185 meter.

Fitur lain yang dimiliki oleh Lucky Knot adalah pemandangan yang disajikan. Menurut Indian Express, mereka yang melintas di jembatan ini akan disuguhi lanskap Sungai Meixi dan juga formasi pengunungan yang indah di sekitarnya.

Di malam hari, jembatan Lucky Knot juga tidak akan kehilangan pesonanya. Pasalnya, pihak pengelola sudah melengkapinya dengan hiasan lampu LED, sehingga bakal terlihat kian semarak begitu malam tiba.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.