Karir Almarhum Didi Petet, Emon Catatan Si Boy Yang Kini Telah Tiada

Berita meninggalnya aktor senior Didi Petet seolah menjadi petir di pagi hari bagi dunia hiburan Indonesia. Didi Petet yang terkenal  sebagai aktor watak dengan sejuta talenta ini menghembuskan nafas terakhirnya pada jumat pagi. Penyakit asam lambung kronis dan kelelahan disinyalir menjadi penyebab aktor kawakan ini meninggal dunia.

Aktor Kawakan Didi Petet meninggal dunia hari ini dan beliau terkenal akan peran ikoniknya sebagai Emon~denmassakti.wordpress.com
Aktor Kawakan Didi Petet meninggal dunia hari ini ~denmassakti.wordpress.com

Didi Widiatmoko atau yang akrab kita sapa sebagai Didi Petet adalah aktor senior Indonesia yang kemampuan aktingnya tak perlu kita ragukan hingga kini. Lahir di Jakarta 12 Juli 1956 ini bisa dibilang sebagai salah satu aktor senior beprestasi, dengan puluhan penghargaan sebagai penanda karirnya di dunia entertainment Indonesia. Namun tentu saja pria dengan senyum ramah ini terkenal akibat peran ikoniknya sebagai si Emon dalam film Catatan Si Boy.

Didi Petet bisa dibilang sebagai aktor pertama di Indonesia yang memerankan karakter kebanci-bancian di  dunia seni peran. Namun dengan aktingnya yang natural dan tidak dibuat-buat, peran Emon ini justru mendapat apresiasi dan penghargaan dari banyak pihak. Tak ayal dengan aktingnya sebagai Emon yang kocak, bawel, genit,hobi menganggu si Boy namun setia kawan dan baik hatinya ini mengantarkan Didi Petet menjadi Aktor Terpuji Festival Film Bandung (FFB) 1988.

karakter Emon yang melambungkan nama Almarhum Didi Petet saat berperan di catatan si Boy~www.kaskus.co.id
karakter Emon yang melambungkan nama Almarhum Didi Petet~www.kaskus.co.id

Sebelum berperan sebagai Emon, Didi Petet sebenarnya telah lebih dahulu berperan di film Semua Karena Ginah pada tahun 1985 lalu. Namun tentu saja peran ikonik Emon lah yang mengantarkan beliau menuju puncak kesuksesan karir. Setelah itu, dengan bakat akting mumpuni yang dimilikinya, Didi Petet terlibat dalam berbagai film kelas A seperti “Si Kabayan Cari Jodoh” (1989), “Joe Turun ke Desa” (1990), “Boneka dari Indiana” (1991), “Pasir Berbisik” (2001), “Eiffel I’m in Love” (2003) dan masih banyak lagi sederet film keren yang dibintanginya.

Saat sinetron mulai booming, Didi Petet juga ikut terjun ke sana. Namun beliau cenderungs selektif memilih peran dan hanya membintangi sinetron yang punya makna besar serta memiliki nilai edukasi bagi masyarakat. Seperti yang terakhir dibintangi almarhum Didi Petet adalah sinetron Preman Pensiun yang belum lama ini telah habis masa penayanganya. Almarhum juga aktif di dunia teater dan mengajar di IKJ, serta terakhir almarhum menjabat sebagai Ketua Koperasi Pelestari Budaya Nusantara (KPBN). Selamat jalam Om Didi, terimakasih telah menghibur kami selama ini.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.