Gunakan Niqab, Kartika Putri Merasa Diintimidasi Petugas Bandara?

Presenter Kartika Putri sempat membuat heboh sosial media karena curhatan di akun instagram miliknya. Dalam unggahannya Kartika mengenakan niqab cantik dan hanya memperlihatkan kedua bola matanya disertai dengan pengalamannya memakai niqab.

Baca Juga : Anisa Bahar Minta Dipanggil ‘Mama’ Oleh Prilly Latuconsina, Kangen Punya Anak?

Kartika mengeluhkan mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan saat berada di Bandara. Ia mengeluhkan kopernya yang diperiksa secara random padahal tak berbunyi ketika melewati security check di bandara karena isinya kosong. Kartika-pun merasa heran dan mempertanyakan hal tersebut kepada petugas, kalau memang acak mengapa hanya dirinya. Apakah karena cadarnya?

Tak hanya sekali, saat pemeriksaan kedua ia-pun kembali diperiksa seluruh tubuh oleh petugas wanita. Kartika-pun meradang, baginya pemeriksaan yang harusnya acak ini seakan sengaja menargetkan dirinya karena Kartika memakai niqab (kain penutup seperti cadar).

Melalui statusnya tersebut Kartika merasa telah diintimidasi oleh pihak petugas bandara padahal dirinya tak merasa telah melakukan sesuatu yang mencurigakan. Padahal ia memutuskan menggunakan niqab-pun karena kenyamanan pribadi.

Di negara yang mayoritas muslim ini Kartika menyesalkan sikap para petugas bandara yang dianggapnya masih sulit mentoleransi muslimah yang mengenakan cadar/niqab. Tak lama curhatannya tersebut banjir komentar. Namun sayang bukannya simpati publik, netter malah balik menyerang Kartika. Banyak yang menyayangkan sikap Kartika karena membuat sebuah unggahan provokatif semacam itu.

@radna_pe: “Assalamualaikum mb. @kartikaputriworld, sblmnya mohon maaf bukan bermaksud menggurui, memakai niqab adalah salah satu hak anda.Yg namanya aturan akan saling membatasi satu dengan lainnya. Namun, saya yakin itu bukan bentuk intimidasi. Negara kita sudah lama memegang Bhineka Tunggal Ika jd sangat mustahil pemerintah membedakan satu sama lain. Kondisi negara saat ini rawan perpecahan. Masalah agama, suku, ras, adalah hal yang sensitif tolong dipahami betul dan menjaga lisan kita”

@yunitaryzky_:”Tinggal diindonesia nurut prosedur yang ada dong, gimana si”

Tak hanya netter yang bersuara, status tersebut juga menarik perhatian Bandara Soekarno Hatta. Mereka turut menjawab dan menjelaskan bahwa ketidaknyamanan Kartika tersebut merupakan prosedur normal yang dilakukan oleh pihak kemanan.

@polisi_bandara_soekarnohatta: “Mohon maaf untuk kewenangan pemeriksaan di dalam area bandara sepenuhnya wewenang AVSEC dibawah angkasa pura 2, dan itu semua sesuai prosedur dan undang-undang keselamatan penerbangan, bahkan setingkat kapolri dan menteri pun tetap dilakukan pemeriksaan barang dan badan. Namun, jika ibu merasa ada yang kurang pas silahkan datang dan kami akan antar ke pihak terkait secara langsung. Kami polri ada untuk masyarakat tanpa memandang agama, status sosial, ras, suku”.

Baca Juga : Mulan Ternyata Punya Anak Cewek Cantik Banget, Ini 7 Bukti Fotonya

Wah, semoga ini menjadi pembelajaran ya untuk semuanya. Tentunya para petugas bandara bukan melakukannya karena sentimen tertentu. Mereka hanya ingin menjaga agar kita tetap selamat dalam penerbangan. Setelah kejadian tersebut Kartika Putri sendiri belum menanggapi lebih lanjut perihal statusnya yang viral tersebut.