Kecewa Dengan Apple Music, Taylor Swift Tulis Surat Terbuka

Belum lama ini, Taylor Swift mengungkapkan kekecewaannya untuk kebijakan perusahaan teknologi terkemuka Apple yang menggratiskan unduhan musik di layanannya. Demi profesionalitas, Swift kemudian menuliskan surat terbuka kepada raksasa teknologi tersebut dan mempostingnya di Tumblr. Surat tersebut memberikan penjelasan mengapa ia kecewa kepada program tersebut.

Kecewa Dengan Apple Music, Taylor Swift Tulis Surat Terbuka. ~boomsbeat.com
Kecewa Dengan Apple Music, Taylor Swift Tulis Surat Terbuka. ~boomsbeat.com

Dalam surat miliknya berjudul “To Apple, Love Taylor,” diunggah Minggu (21/6) waktu setempat, penyanyi Amerika itu mengkritisi langkah Apple yang memutuskan tidak akan membayar royalti musik selama masa uji coba tiga bulan pertama bagi pelanggan, demi menyaingi layanan musik streaming lain seperti Spotify, Rhapsody dan Deezer.

Swift menyebut kebijakan itu “mengejutkan, mengecewakan dan sama sekali tidak mencerminkan riwayat perusahaan yang terkenal progresif.”

“Ini adalah ungkapan perasaan yang mewakili setiap artis, penulis dan produser dalam lingkup sosial musik saya, mereka yang takut bicara terbuka karena kami sangat mengagumi dan menghormati Apple,” tulisnya. “Namun terus terang saja kami tidak menghormati kebijakan yang ini.”

Dalam surat berisi tujuh paragraf itu, secara sopan Taylor memberikan rasa hormat terhadap perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs itu. Semata untuk memberi kesan bahwa dirinya mengkritik dengan alasan yang dirasanya membela kaum musisi, tanpa mencela Apple tanpa dasar.

“Saya mengungkapkan ini dengan cinta, hormat, dan kekaguman dengan segala sesuatu yang Apple telah lakukan. Saya berharap secepatnya bisa bergabung dengan mereka yang memberi kemajuan dalam model streaming, yang akan adil untuk pencipta musik. Saya rasa ini bisa jadi platform yang benar,” sebut wanita yang kini tengah memadu kasih dengan Dj Calvin Harris tersebut.

Swift juga menambahkan bahwa surat yang ia layangkan mewakili artis-artis baru yang tidak menginginkan lagu mereka diberikan secara cuma-cuma. Pelantun Style ini menulis, “Surat ini adalah untuk penulis lagu muda yang baru saja mendapatkan kontrak dan menganggap bahwa royalti yang didapat bakal membantu keuangannya.”

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.