Keinginan Pak Raden yang Belum Bisa Terlaksana

Pak Raden ternyata memiliki keinginan semasa hidup yang belum bisa terlaksana hingga beliau menghadap Illahi. Pemilik nama asli Drs. Suyadi itu rupaya sangat ingin membuat pameran karya tangannya sendiri.

Keinginan Pak Raden yang Belum Terlaksana
Keinginan Pak Raden yang Belum Terlaksana

“Beliau ingin sekali membuat pameran buku wayang dan satu biografi. Sayangnya, semua itu belum bisa terwujud. Buku anak tentang wayang sudah selesai tinggal hasil akhirnya saja. Itu karya terakhir Pak Raden,” kata Prasodjo Chusnato (Sodjo) selaku manajer Pak Raden

Tak hanya buku dan biografi, Pak Raden juga ingin membuat pameran lukisan Andersen, yaitu lukisan sketsa yang sangat ia favoritkan. Pak Raden memang sangat gemar menggambar. Tak ayal jika beliau sudah mengkoleksi ratusan sketsa.

“Bapak hidup sebagai tukang gambar. Dia sempat berpesan, ‘saya mau menyelesaikan 210 andersen, dari sektsa hitam putih`. Bapak sudah keburu pergi,” tutur Sodjo.

Keinginan Pak Raden yang lain yakni ingin membuat film si Unyil versi 3 Dimensi (3D). “Bapak juga lagi buat film 3D Unyil. Bapak sangat bersemangat sekali buat film itu. Itu jadi pesan terakhir bapak,” ucap Sodjo

Siti Nurjanah

The way to get started is to quit talking and begin doing