Deretan Kerugian Ahmad Dhani Usai Ikuti Aksi Demo 4 November

Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani mendapat rentetan masalah usai mengikuti demo 4 November 2016 silam. Tak cukup dengan kerugian materiil, Dhani juga terancam masuk penjara hingga kehilangan nyawa setelah dirinya menjadi target duel sampai mati seorang pria asal Palangkaraya.

Tidur Dhani juga bisa tak nyenyak setelah masalah datang bertubi-tubi usai video orasinya yang menggunakan kata-kata kasar tersebar luas. Berikut kerugian materiil dan non materiil yang Beranda rangkum dari berbagai sumber.

Dilaporkan ke Polisi

Beredar video Ahmad Dhani saat berorasi dalam aksi demo 4 November 2016 yang melontarkan kata-kata yang sangat kasar pada presiden Jokowi. Saat itu Dhani ditingarai memanggil Jokowi, dengan sebutan nama binatang yang tak pantas diucapkan publik figur seperti dirinya.

Ahmad Dhani
Ahmad Dhani

Perkataan kasar Dhani di atas tersebut yang membuat relawan pro Jokowi meradang. Pentolan Republik Cinta Managament ini pun akhirnya dilaporkan ke pihak berwajib.

“Perbuatan Dhani melawan hukum, dengan dasar penghinaan pada kepala negara karena diucapkan saat orasi di depan Istana Merdeka,” ujar Ketua Umum LRJ (Laskar Rakyat Joko Widodo) Riano Oscha lewat keterangan tertulis, Ahad, 6 November 2016 seperti yang dikutip BERANDA dari Tempo.co.

Merugi Karena Konser dibatalkan

Dilaporkannya Dhani ke polisi dengan tuduhan penghinaan kepada Kepala Negara berimbas kepada izin konser Dewa 19. Menurut Dhani, pasca pelaporan itu, ia kehilangan kontrak 4 jadwal manggung Dewa 19.

Baca Juga: Ini Konser Ahmad Dhani Yang Dibatalkan Usai Dilaporkan Pendukung Jokowi

Menurut pantauan Beranda, 2 jadwal manggung Dewa yang terungkap batal karena tidak mendapat izin adalah di Palembang tanggal 9 November dan Jakarta 11 November. Kehilangan job manggung jelas menjadi kerugian materiil yang besar bagi Dhani, terlebih dari konser yang dibatalkan tadi ada yang merupakan konser Dewa 19 eksklusif dengan tiket di atas satu juta.

Ditantang duel sampai mati

Tak cukup dengan kerugian materiil, Dhani juga menuai ancaman yang bisa membuatnya kehilangan nyawa. Pasalnya Dhani menjadi target duel hingga mati akibat tindakannya yang dinilai menghina presiden.

Kekesalan pada Ahmad Dhani memicu seorang pria asal Palangkaraya untuk menantang pentolan Republik Cinta Management ini. Pria yang diketahui bernama Obot Sukmawansyah ini, menantang Ahmad Dhani untuk berduel hingga salah satu diantara keduanya kehilangan nyawa.

Dibully Netizen

Bully dari netizen dimulai dari postingan Dhani soal demo 4 November yang menekankan aksi demo tersebut adalah pentingnya penegakan supremasi hukum. Bukan demo soal pilkada dan tak ada hubungannya dengan politik.

“Demo besok bukan demo anti kristen, bukan demo soal Pilkada, tapi demo agar hukum ditegakan secara adil oleh pemerintah,” tulis Dhani dalam postingan Instagramnya.

ahmad-dhani-instagram

Postingan Dhani tadi menuai cemooh netizen yang menilai Dhani tak jujur. “Terlalu MUNAFIK Klo bukan tentang politik !!! Rakyat Sekarang sudah pintar” @retna_libra pun ikuyt mencibir bapak 5 orang anak ini.

Usai dilaporkan ke polisi, Dhani malah menuai banyak cibiran hingga menyeret nama istrinya, Mulan Jameela. Banyak yang menilai Mulan sebagai penyebab perubahan sifat Dhani menjadi lebih arogan.

Terancam gagal di Pilkada Bekasi

Ikuti jalan sehat di Bekasi, pasangan musisi kontroversial Ahmad Dhani dan Mulan Jameela jadi cibiran lagi~ instagram.com/lambenyinyir
Ikuti jalan sehat di Bekasi, pasangan musisi kontroversial Ahmad Dhani dan Mulan Jameela jadi cibiran lagi~ instagram.com/lambenyinyir

Meski belum pasti, namun pencalonan Dhani sebagai wakil bupati Bekasi terancam gagal. Efek dilaporkan Dhani ke polisi bisa menurunkan elektibilitas pentolan Dewa 19 itu. Bahkan jika ditetapkan sebagai tersangka, maka Dhani dipastikan mundur dari pencalonan.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.