Yuk Ikuti Kiat dan Tips Berikut Ini Untuk Tidur Lebih Berkualitas Di Malam Hari

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa tergantikan oleh apapaun. Ya tidur bukan hanya sekedar menutup mata dan membaringkan tubuh Anda diranjang. Banyak orang yang bisa tidur namun tidak semua orang dapat nerasakan tidur yang berkualitas dan bisa mengisi energi mereka kembali. Tidur memang cara yang paling tepat jika sahabat Beranda ingin mengisi energi kembali untuk siap beraktifitas keesokan hari.

Kiat mendapatkan tidur berkualitas
Kiat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas~www.onlymyhealth.com

Namun tidur itu bukan perkara membaringkan tubuh Anda diatas kasur yang empuk, menutup mata dan terlelap begitu saja. Banyak orang yang bisa tidur, namun tak semua mendapatkan tidur yang berkualitas. Mereka bisa tidur, namun tubuh tetap merasakan kelelahan di pagi hari. Alih-alih bisa mengisi energi saat tidur di malam hari, pagi-pagi ketika bangun, yang ada badan malah merasa jauh lebih lelah dan tidak bersemangat. Nah jika sobat Beranda ingin mendapatkan tidur yang lebih baik dan berkualitas, ada loh tips dan kiat yang bisa dicoba. Apa sajakah itu?

Disiplin dengan jadwal tidur anda

Jadwalkan wkatu tidur
Jadwalkan wkatu tidur yang tepat~www.inktask.com

Salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan mendisiplinkan diri untuk selalu tidur tepat waktu. Peneliti dari Mayo Clinic USA mengatakan, bangun dan tidur tepat waktu pada jam dan waktu yang sama setiap hari bahkan saat hari libur, bisa membantu Anda untuk tidur lebih baik. Dengan selalu disiplin dan konsisten, maka tubuh Anda akan terbiasa dengan rutinitas tidur yang baik dan terjadwal. Anda juga bisa mengatur waktu yang tepat dan dibutuhkan untuk tidur bisa mendapatkan tidur yang cukup setiap malamnya.

Perhatikan asupan makanan dan minuman Anda

perhatikan makanan dan minuman Anda
perhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi~www.inktask.com

Jangan tidur dikala perut kelaparan atau kekenyangan. Juga perhatikan minuman yang Anda konsumsi agar tidak kebelet untuk pergi ke kamar mandi dan menganggu tidur Anda nanti. Batasi juga asupan nikotin, cafein dan alkohol menjelang waktu tidur Anda. meski alkohol bisa membuat Anda tidur cepat, namun itu tidak akan lama dan justru akan membuat tubuh Anda terasa lelah keesokan harinya.

Buat ritual relaksasi dan santai menjelang waktu tidur Anda

Dengarkan musik yang menenangkan
Dengarkan musik yang menenangkan saat sebelum tidur~www.sheknows.com

Ritual relaksasi dan santai sebelum tidur bisa membantu Anda untuk bisa tidur lebih baik di malam hari. Cobalah mandi air hangat sebelum tidur, membaca bacaan yang santai atau mendengarkan musik yang menenangkan dibawah lampu tidur yang temaram. Sebaiknya matikan gadget Anda atau televisi sebelum tidur untuk menambahkan efek relaksasi pada tubuh Anda.

Buat kamar tidur Anda senyaman mungkin

Ranjang yang nyaman
Ranjang nyaman menentukan kualitas tidur Anda~boredwivesclub.co.uk

Ruang tidur yang nyaman tentu saja akan membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas. Aturlah AC dengan suhu yang membuat Anda merasa nyaman. Matikan TV atau kipas angin jika Anda merasa suaranya menganggu tidur Anda. Jangan lupa untuk menggunakan lampu yang redup karena itu akan menambah suasana nyaman dibandingkan menggunakan lampu yang terang benderang. Jangan lupa untuk memilih bahan sprei dan selimut yang berkualitas, agar Anda tetap merasa nyaman menggunakanya dalam suhu apapun.

Batasi waktu tidur siang Anda

Tidur sianglah yang cukup
Tidur sianglah yang cukup jangan berlebihan~michaelhyatt.com

Tidur di siang hari memang akan membantu memulihkan tenaga dan energi yang terkuras. Namun sebaiknyam jangan tidur terlalu lama di siang hari jika ingin mendapatkan tidur yang jauh lebih berkualitas dimalam hari. Tidur siang yang ideal adalah sekitar 15-30 menit, dan itu sudah cukup untuk me-recharge energi Anda kembali.

Jangan lupa berolahraga

Olahrga juga penting untuk tidur
Olahrga juga penting untuk tidur berkualitas~www.turnonyourbrand.net

Olahraga membantu Anda melepaskan hormon stress yang bisa menghalangi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Usahakan untuk selalu berolahraga ringan setiap hari untuk membuat badan semakin fit dan menjaga kulitas tidur Anda. namun sangat tidak disarankan untuk olahrga menjelang waktu tidur karen itu bisa mmebuat Anda terlalu bernergi untuk tidur dimalam hari.

Jauhi stress

Jauhkan diri dari stress
Jauhkan diri dari stress yang menghalangi tidur berkualitas~www.chatelaine.com

Kiat semua tahu bahwa stress akan membuat waktu tidur tersita dan sulit untuk bisa beristirahat dengan tenang. Karena itu sangat penting untuk menjauhkan diri Anda dari stress dan tekanan. Mulailah untuk membuat diri Anda merasa nyaman serta menjauhi tekanan yang ada baik dari kantor atau kehidupan sehari-hari. Cobalah untuk selalu berfikir positif dan tidak membebani diri Anda sendiri. Andalah yang tahu manajemen stress seperti apa yang tepat untuk Anda sehingga tidak akan mengaggu waktu tidur Anda.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.