Tyas Mirasih Dituduh Culik Anak Orang, KPAI Ikut Buka Suara

KPAI belum lama ini angkat bicara soal kasus yang tengah membelit Tyas Mirasih. Menurut lembaga perlindungan anak Indonesia tersebut, istri Rayden Soedjono tidak melakukan tindakan penculikan.

Sebagaimana diketahui, Tyas Mirasih belakangan ini tersandung masalah karena dianggap melarikan anak orang tanpa izin. Bocah yang kini tengah dibawa oleh seleb cantik tersebut bernama Amanda Cattleya.

Amanda merupakan putri seorang sahabat Tyas yang sudah meninggal dunia. Sejak kepergian sang bunda, Amanda diasuh oleh artis berusia 30 tahun tersebut. Keduanya lumayan sering menunjukkan keakraban lewat sejumlah unggahan foto di Instagram.

Tyas Mirasuh dan Amandine via instagram/tyasmirasih

Namun belakangan, Tyas justru dituding melarikan Amanda tanpa izin. Tuduhan tersebut muncul dari Maryke Harris Pohu, nenek sang bocah.

Ketika ditemui media beberapa saat lalu, ia menuntut Tyas segera memulangkan cucunya. Maryke juga menyatakan sang artis sudah memanfaatkan Amanda untuk mendapatkan endorse-an di Instagram, dengan mengambil keuntungan dari status sang bocah yang kini yatim piatu.

Mama Ike, nenek Amandine via bintang.com

Namun benarkah tindakan yang dilakukan oleh Tyas termasuk penculikan? KPAI rupanya punya pandangan lain.

Rita Pranawati, wakil ketua KPAI, belum lama ini mengatakan pada Bintang.com bahwa kasus yang sedang menimpa Tyas tidak tepat jika disebut penculikan. Karena isunya berkaitan dengan perkara perdata, yakni mengenai perebutan hak asuh, berbeda dengan penculikan yang berkaitan dengan tindak pidana.

Lebih lanjut KPAI siap menjadi mediator antara Maryke dan Tyas untuk menentukan secara adil siapa yang berhak mengasuh Amanda. Namun Rita menyatakan bahwa sejauh ini sang artis masih belum menunjukkan tanda-tanda akan datang ke Menteng, Jakarta Pusat.

Rita juga menyebutkan kasus ini cukup rumit karena tidak hanya melibatkan orang tua, seperti layaknya perebutan hak asuh anak pada umumnya, namun terkait dengan banyak pihak. Pihak KPAI pun berencana untuk terus melakukan pendalaman, namun memastikan bahwa apa yang dilakukan Tyas bukanlah penculikan.

Well, bagaimana kelanjutan kasus ini berikutnya? Menarik untuk dinanti.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.