Lagi-Lagi Soal Hak Cipta, Usaha Karoke Inul Daratista Kembali Bermasalah

Rumah karoeke Inul Vista milik pedangdut Inul Daratista rupanya kembali menuai masalah. Dengan masalah yang sama dengan sebelumnya, yakni pelanggaran hak cipta, pemilik goyang ngebor terpaksa harus menerima gugatan dari seorang pedangdut jebolan ajang pencarian bakat KDI bernama Givri.

Lagi-Lagi Soal Hak Cipta, Usaha Karoke Inul Daratista Kembali Bermasalah ~ liputan6.com
Lagi-Lagi Soal Hak Cipta, Usaha Karoke Inul Daratista Kembali Bermasalah ~ liputan6.com

Givri KDI merasa kesal karena tidak terima lagu miliknya yang berjudul Disini Tuh Gak Sakit masuk dalam daftar lagu yang ada di outlet Inul Vizta. Lantaran Givri KDI merasa tak pernah memberikan izin kepada siapapun untuk memasukkan lagu itu ke rumah karaoke milik Inul Daratista.

“Klien kami merasa tidak pernah memberikan kuasa kepada siapapun untuk mendengarkan lagu tersebut ke pihak mana pun,” ucap kuasa hukum Givri KDI, M Linggar Afriyadi.

Awalnya Givri merasa senang bukan kepalang lantaran lagunya masuk dalam daftar lagu di rumah karaoke Inul Vizta. Sayangnya, ia tak merasa memperoleh timbal balik secara ekonomi dari kemunculan lagunya di rumah karaoke Inul Vizta.

“Bagaimana pun, kami berhak mendapatkan hak ekonomi dalam bentuk royalti atas penggunaan lagu tersebut sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” lanjutnya menegaskan.

Oleh sebab itu, Givri KDI  merasa perlu pengaduannya atas pelanggaran hak cipta Inul Vizta didiskusikan dengan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

“Terkait royalti, kami tidak menuntut besarannya. Justru kami serahkan ke Kementerian Hukum dan HAM yang tahu format hitungannya terkait hak cipta. Ada rumusnya disana,” pungkas Givri.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.