Lagu ‘Corrina Corrina’ Rod Stewart, Dituding Plagiat

Tudingan plagiat atau penjiplakan lagu kembali datang menghantui dunia musik dunia. Rod Stewart, dituding menjiplak sebuah lagu terhadap salah satu lagunya. Lagu Rod yang berjudul , ‘Corrina Corrina’ tersebut disebut adalah hasial plagiat sebuah lagu seorang musisi yaitu Armenter ‘Bo Carter’ Chatmon.

Lagu 'Corrina Corrina' Rod Stewart, Dituding Plagiat - smh.com.au
Lagu ‘Corrina Corrina’ Rod Stewart, Dituding Plagiat – smh.com.au

Lagu ‘Corrine, Corrina’yang diciptakan oleh Chatmon memang telah beberapa kali dinyanyikan oleh beberapa penyanyi, seperti Bob Dylan, Eric Clapton, Willie Nelson hingga Conor Oberst. Dan lagu ‘Corrina Corrina’ yang dibawakan oeh Rod Stewart merupakan lagu yang terdapat pada bonus track di album ‘Time’ yang dirilis pada tahun 2013.

Pihak Chatmon pun mengaku telah menciptakan lagu tersebut yang diberi judul ‘Corrine, Corrina’ pada tahun 1928. Akibat kasus plagiat tersebut, pihak Chatmon pun telah mengajukan gugatan di pengadilan negeri di Georgia. Langkah ini ditempuh oleh pihak Chatmon karena mereka sangat yakin bahwa kedua lagu tersebut sangatlah mirip secara mulai dari judul hingga isi lagu tersebut.

Saat dimintai keterangan lebih jelas oleh para aswak media, pihak Chatmon enggan menjelaskan secara rinci isi tuntutn yang diajukan ke pihak pengadilan negeri. Dan pihak Rod pun sampai saat ini belum memberi tanggapan mengenai tudingan tersebut.