Lahir Di Tanah Jawa, Didi Petet Sukses Besarkan Budaya Sunda

Aktor, komedian sekaligus maestro teater Didi Widiatmoko atau yang dikenal dengan Didi Petet pagi ini telah dipanggil yang maha kuasa. Duka yang mendalam sangat begitu dirasakan baik keluarga, sahabat, serta sesama seniman yang mengenal baik sosok Didi Petet sebagai salah satu putra daerah yang ikut andil memajukan seni budaya. Seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali pejabat turut hadir di saat penghormatan terakhir ‘Si Kabayan’ itu. Terlihat Deddy Mizwar rekan sesama seniman yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat turut hadir melayat ke rumah duka.

Didi Petet dalam film Si Kabayan ~ viva.co.id
Didi Petet dalam film Si Kabayan ~ viva.co.id

Selain itu, salah satu pejabat serta pengamat budaya sunda, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi juga turut menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas kepergian almarhum Didi Petet, “Saya, dan masyarakat Purwakarta sangat kehilangan aktor terbaik sekaligus budayawan tersebut,” ujar Dedi.

Menerutnya kepergian sosok seperti Didi Petet membawa duka yang amat mendalam bagi panggung hiburan tanah air khususnya dunia seni peran, Didi Petet menurutnya adalah sosok yang mampu membawakan dengan baik kesenian daerah dan seni kontemporer secara bersamaan.

Selain memiliki pengaruh yang kuat, Didi petet juga merupakan budayawan yang sangat berkarakter terutama dalam membesarkan kebudayaan sunda. Meskipun ia bukan asli dari sunda. “Pak Didi Petet itu sosok yang luar biasa, cerdas, lucu, dan hebat. Kami benar-benar merasa kehilangan,” ujarnya.

Bagi Dedi Hal yang paling berkesan dari Didi Petet adalah saat Didi Petet berperan sebagai Si Kabayan. Dalam film itu Didi Petet benar-benar menjelma sebagai sosok orang Sunda yang seutuhnya, yang penuh dengan kesederhanaan, dan penuh dengan nilai nilai kearifan lokal.

Sopian Ahmad

Kuli Tinta yang lagi magang di alam pikirannya sendiri. Good Listener, Analyst, Problem Solver. Stay Foolish, Stay Hungry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.