Pentingnya Memanfaatkan Link In Bio Bagi Seller Online

Bagi pengusaha online, link in bio layaknya satu jurus pamungkas. Meski hanya sebuah tautan namun mampu mengubah bisnismu dalam sekejap.

Dalam membesarkan sebuah bisnis, media sosial merupakan salah satu sarana yang wajib kamu manfaatkan semaksimal mungkin. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan media sosial sebagai bagian dari usahamu. Sayangnya nggak semua orang paham tentang manfaat besar link in bio ini. Jadi, bila tahu memanfaatkannya, usahamu bakal selangkah lebih maju.

Sebagai catatan, Instagram memang memberi peluang lewat link in bio. Tetapi yang harus kamu pahami, media sosial berbagi foto dan video tersebut cuma menyediakan satu tautan saja yang bisa bertengger di profil akun.

Tak perlu panik. Kini semua orang bisa mencantumkan lebih banyak link dari bio Instagram ke berbagai tempat usahanya lewat platform bernama bio link tool.

Berikut adalah alasan mengapa sangat penting memanfaatkan link in bio bagi seller online.

Kamu butuh media promosi lintas platform

Pebisnis online jaman sekarang itu wajar kalau punya banyak lapak di berbagai tempat jualan digital. Ini sebagai cara untuk menangkap peluang. Mungkin saja sebuah produk kurang laku di satu lapak, tapi di tempat lain jadi borongan banyak orang.

Ilustrasi promosi melalui sosmed [sumber gambar]
Bio link tool menjadi sarana yang bisa memudahkan calon pelanggan untuk terkoneksi ke dunia usahamu. Bisa jadi mereka punya kecenderungan berbelanja di satu marketplace saja. Mungkin karena terbiasa atau kemudahannya.

Untuk mengantisipasi pelanggan yang seperti inilah kamu butuh lebih banyak tautan di bio link tool. Dengan promosi silang ini kamu bisa menjaring lebih banyak orang untuk tetap setia menggunakan jasa dari toko online milikmu.

Pembeli adalah raja. Mereka ingin dimanja

Sebuah usaha yang besar itu pasti punya banyak pelanggan. Sementara itu, setiap pembeli juga pasti punya karakteristik atau keunikan tersendiri. Ada yang lebih nyaman menggunakan platform jual-beli A, ada yang sudah terlanjur sayang dengan cara pencarian produk di toko B, hingga cara pembayaran yang hanya dia suka di marketplace C.

Pembeli adalah raja [sumber gambar]
Dengan bio link tool, kamu bisa menciptakan atmosfer belanja yang tepat untuk para konsumen. Misal, menggunakan Instagram sebagai etalase produk jualanmu, kemudian lewat link in bio, kamu tuntun calon pembeli melakukan pembelian dan pembayaran di toko online favorit mereka.

Adanya pilihan tersebut akan membuat para konsumen jadi merasa dimanja. Kalau merasa seperti raja, mereka bakal susah untuk meninggalkan tempat jualanmu.

Seller online butuh link in bio untuk membangun branding

Link in bio nggak hanya bermanfaat untuk jual-beli produk saja. Lebih dari itu, platform ini juga kamu butuhkan untuk membangun branding. Berikan fokus juga untuk menciptakan bio link tool yang menarik dan sesuai dengan usaha online milikmu. Tujuannya supaya pelanggan menganggap bisnismu sebagai sesuatu yang serius dan perlu mendapatkan perhatian.

Supaya link in bio terlihat menarik, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Link in bio sesuai dengan tujuan bisnis

Jadikan link in bio sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan. Untuk itu, kamu harus paham bagaimana menjadikan platform ini terlihat menonjol sekaligus memberi manfaat bagi pengguna.

Ada satu tempat untuk menjelaskan siapa kamu dan usahamu

Tak kenal maka tak sayang. Tanpa harus diminta oleh pelanggan, sudah sepantasnya kamu memperkenalkan diri dan perusahaanmu. Jadi pastikan memberi tautan menuju website yang berisi profil perusahaan.

Ketahui tentang manfaat tagar (hashtag)

Tagar atau hashtag merupakan elemen penting di media sosial. Sebuah kata kunci yang akan menghubungkan sebuah konten atau produk jualan ke dunia yang lebih luas. Tagar juga menjadi kata kunci yang akan menuntun audiens ke usahamu.

Maksimalkan kreativitas

Tak hanya menawarkan kualitas, bungkus usahamu dengan kreativitas. Sematkan berbagai hal yang bisa menarik minat calon pelanggan. Termasuk cara untuk menghubungimu dengan sematan nomor WA yang aktif, Call to Action, respon yang cepat, highlight stories, dan banyak lagi cara lainnya agar seorang pelanggan merasa dekat denganmu.

Mudah, bukan? Bila merasa sulit, yakinlah bahwa tidak mudah untuk membesarkan bisnis. Hari ini mungkin terlihat sulit. Namun dengan pengalaman dan terbiasa melakukan, cara-cara di atas akan terasa lebih mudah untuk diterapkan pada bisnis online milikmu.

Yuk, jadi pengusaha online jempolan dengan memanfaatkan link in bio dan tahu bagaimana memaksimalkannya.